Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak dengan kegiatan aneka
karya pada anak usia 5-6 tahun melalui media bahan alam di TK Arrofi, Bekasi.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2016 sampai bulan Januari 20 17.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dapat diselesaikan
dalam dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah anak-anak kelas TK B Arrofi yang kreativitasnya rendah berjumlah
12 anak. Pengumpulan data penelitian menggunakan tekhnik non tes, meliputi catatan
lapangan, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian
diperoleh dari perbandingan antara kreativitas dengan kegiatan aneka karya sebelum dan
sesudah pemberian tindakan. Temuan dari penelitian ini yaitu penggunaan bahan alam
dapat meningkatkan kreativitas anak 5-6 tahun. Pencapaian kreativitas anak ditandai
dengan kemampuan anak dalam berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, mampu
mengelaborasi, dan !T!enilai dengan kegiatan aneka karya melalui r.iedia bahan alam.
Keywords
Article Details
References
-
Al-Khalili. 2006. Mengembangkan
Kreativitas Anak. Jakarta:
Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian
Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
Aksara.
Aschner, Mary Jane. 1968. Productive
Thinking In Education.
Washington D.C: National
Education Association.
Handini, Mymawati Crie. 2012.
Metodologi Penelitian untuk
Pemula. Jakarta: FIP Press.
Hasnida. 2014. Media Pembelajaran
Kreatif untuk Anak Usia Dini.
Jakarta: PT. Luxmia Metro Media.
Hurlock, Elizabeth B. 1985. Child
Development. Singapore, Tokyo:
Mc. Graw-Hill Book Company.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi dalam
Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Kaufman, James C. 2008.Essential of
Creativity. Jersey: John Wiley &
Sons, lnC.
Kumiati, Euis. 2010. Strategi
Pengembangan Kreativitas pada
Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Kencana.
Mills, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. New Jersey: Pearson
Education
Munandar, Utami.2009. Penegembangan
Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, Cony. 1997.Perspektif
Pendidikan Anak Berbakat.
Jakarta: Grasindo.
Sudjiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep
Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT. lndeks
References
Kreativitas Anak. Jakarta:
Pustaka Al-Kautsar.
Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian
Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
Aksara.
Aschner, Mary Jane. 1968. Productive
Thinking In Education.
Washington D.C: National
Education Association.
Handini, Mymawati Crie. 2012.
Metodologi Penelitian untuk
Pemula. Jakarta: FIP Press.
Hasnida. 2014. Media Pembelajaran
Kreatif untuk Anak Usia Dini.
Jakarta: PT. Luxmia Metro Media.
Hurlock, Elizabeth B. 1985. Child
Development. Singapore, Tokyo:
Mc. Graw-Hill Book Company.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi dalam
Psikologi Pendidikan. Jakarta:
Ghalia Indonesia.
Kaufman, James C. 2008.Essential of
Creativity. Jersey: John Wiley &
Sons, lnC.
Kumiati, Euis. 2010. Strategi
Pengembangan Kreativitas pada
Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
Jakarta: Kencana.
Mills, Geoffrey E. 2003. Action
Research: A Guide For Teacher
Research. New Jersey: Pearson
Education
Munandar, Utami.2009. Penegembangan
Kreativitas Anak Berbakat.
Jakarta: Rineka Cipta.
Semiawan, Cony. 1997.Perspektif
Pendidikan Anak Berbakat.
Jakarta: Grasindo.
Sudjiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep
Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Jakarta: PT. lndeks