Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak dengan kegiatan aneka
karya pada anak usia 5-6 tahun melalui media bahan alam di TK Arrofi, Bekasi.
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2016 sampai bulan Januari 20 17.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dapat diselesaikan
dalam dua siklus, meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah anak-anak kelas TK B Arrofi yang kreativitasnya rendah berjumlah
12 anak. Pengumpulan data penelitian menggunakan tekhnik non tes, meliputi catatan
lapangan, lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian
diperoleh dari perbandingan antara kreativitas dengan kegiatan aneka karya sebelum dan
sesudah pemberian tindakan. Temuan dari penelitian ini yaitu penggunaan bahan alam
dapat meningkatkan kreativitas anak 5-6 tahun. Pencapaian kreativitas anak ditandai
dengan kemampuan anak dalam berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, mampu
mengelaborasi, dan !T!enilai dengan kegiatan aneka karya melalui r.iedia bahan alam.

Keywords

Kreativitas, kegiatan aneka karya, anak usia 5-6 tahun, media bahan alam, penelitian tindakan kelas

Article Details

Author Biography

Lathipah Hasanah, STAI Bani Saleh




References

    Al-Khalili. 2006. Mengembangkan
    Kreativitas Anak. Jakarta:
    Pustaka Al-Kautsar.
    Arikunto, Suharsimi.2006. Penelitian
    Tindakan Ke/as. Jakarta: Bumi
    Aksara.
    Aschner, Mary Jane. 1968. Productive
    Thinking In Education.
    Washington D.C: National
    Education Association.
    Handini, Mymawati Crie. 2012.
    Metodologi Penelitian untuk
    Pemula. Jakarta: FIP Press.
    Hasnida. 2014. Media Pembelajaran
    Kreatif untuk Anak Usia Dini.
    Jakarta: PT. Luxmia Metro Media.
    Hurlock, Elizabeth B. 1985. Child
    Development. Singapore, Tokyo:
    Mc. Graw-Hill Book Company.
    Jamaris, Martini. 2013. Orientasi dalam
    Psikologi Pendidikan. Jakarta:
    Ghalia Indonesia.
    Kaufman, James C. 2008.Essential of
    Creativity. Jersey: John Wiley &
    Sons, lnC.
    Kumiati, Euis. 2010. Strategi
    Pengembangan Kreativitas pada
    Anak Usia Taman Kanak-Kanak.
    Jakarta: Kencana.
    Mills, Geoffrey E. 2003. Action
    Research: A Guide For Teacher
    Research. New Jersey: Pearson
    Education
    Munandar, Utami.2009. Penegembangan
    Kreativitas Anak Berbakat.
    Jakarta: Rineka Cipta.
    Semiawan, Cony. 1997.Perspektif
    Pendidikan Anak Berbakat.
    Jakarta: Grasindo.
    Sudjiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep
    Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
    Jakarta: PT. lndeks