Main Article Content
Abstract
Berhitung perrnulaan akan lebih menarik jika disampaikan dengan metode yang kreatif
dan menyenangkan . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat
daur siklus berulang. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas awal (II) Sekolah
Dasar yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur kemampuan berhitung perrnulaan siswa (aktivitas dan hasil belajar)
menggunakan data kualitatifyaitu lembar observasi dan data kuantitatifyaitu tes tertulis.
Hasil penelitian diperoleh data keberhasilan kemampuan berhitung permulaan siswa yaitu
aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan predikat "Cukup" meningkat
pada siklus II menjadir 82% dengan predikat " Baik" terjadi peningkatan sebesar
l7%.Untuk persentase hasil belajar siswa siklus I pertemuan I 60% meningkat sebesar
30% menjadi 90% pada siklus II dengan predikat "Sangat Baik". Berdasarkan hasil
penelitian di atas, membuktikan bahwa metode bennain peran makro dapat meningkatkan
kemampuan berhitung perrnulaan sehingga peneliti merekomendasikan kepada guru
tematik kelas II agar menggunakan metode berrnain peran makro sebagai salah satu
altematif pembelajaran di sekolah.
Keywords
Article Details
References
-
Arikunto, Suharsimi Dkk. 20 I 1.
Penelitian Tindakan Ke/as. Jakarta
: PT. Bumi Aksara.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Be/ajar dan
Pembelajaran. Rineka Cipta.
Jakarta
Dimoji, ··Pengerti an bermain peran mikro
dan makro",
http://artikelkesehatananak.com/bag
aimana-mengasah-imaj inasi-anakdengan-berrnain-peran. html
(diakses tanggal 26 Oktober 20 15)
George S. Morrison, 201 2. Dasar-dasar
Pendidikan Anak Usia Dini, edisi
ke- V. Jakarta: PT lndeks.
Harnalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru
Berdasarkan Pendekatan
Kompetensi.
Bandung
Bumi Aksara.
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_p
eran (diakses tanggal 23 Oktober
2015)
J. Tombokan Runtukan dan Selpius
Kandow. Pembelajaran
Matematika . Dasar Bagi Anak
(Yogyakarta: AR-Ruzz Media,
2014
Lilis Suryani, dkk. 2010. Metode
Pengembangan Perilaku dan
Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.
Jakarta: UT Press.
Muhibbin Syah. 2010. Psiko/ogi
Pendidikan dengan Pendekatan
Baru Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sagala, S. 2010 . Konsep dan Makna
Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Wardhani, Ischak, dkk. 2008 . Penelitian
Tindakan Kelas. Universitas
Terbuka. Jakarta.
ISSN: :!50:!-555-1
Vol. 02, NO. Jj:muari 201 7
6
References
Penelitian Tindakan Ke/as. Jakarta
: PT. Bumi Aksara.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Be/ajar dan
Pembelajaran. Rineka Cipta.
Jakarta
Dimoji, ··Pengerti an bermain peran mikro
dan makro",
http://artikelkesehatananak.com/bag
aimana-mengasah-imaj inasi-anakdengan-berrnain-peran. html
(diakses tanggal 26 Oktober 20 15)
George S. Morrison, 201 2. Dasar-dasar
Pendidikan Anak Usia Dini, edisi
ke- V. Jakarta: PT lndeks.
Harnalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru
Berdasarkan Pendekatan
Kompetensi.
Bandung
Bumi Aksara.
http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_p
eran (diakses tanggal 23 Oktober
2015)
J. Tombokan Runtukan dan Selpius
Kandow. Pembelajaran
Matematika . Dasar Bagi Anak
(Yogyakarta: AR-Ruzz Media,
2014
Lilis Suryani, dkk. 2010. Metode
Pengembangan Perilaku dan
Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.
Jakarta: UT Press.
Muhibbin Syah. 2010. Psiko/ogi
Pendidikan dengan Pendekatan
Baru Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Sagala, S. 2010 . Konsep dan Makna
Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
Wardhani, Ischak, dkk. 2008 . Penelitian
Tindakan Kelas. Universitas
Terbuka. Jakarta.
ISSN: :!50:!-555-1
Vol. 02, NO. Jj:muari 201 7
6