Main Article Content

Abstract

Berhitung perrnulaan akan lebih menarik jika disampaikan dengan metode yang kreatif
dan menyenangkan . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat
daur siklus berulang. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas awal (II) Sekolah
Dasar yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
mengukur kemampuan berhitung perrnulaan siswa (aktivitas dan hasil belajar)
menggunakan data kualitatifyaitu lembar observasi dan data kuantitatifyaitu tes tertulis.
Hasil penelitian diperoleh data keberhasilan kemampuan berhitung permulaan siswa yaitu
aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 65% dengan predikat "Cukup" meningkat
pada siklus II menjadir 82% dengan predikat " Baik" terjadi peningkatan sebesar
l7%.Untuk persentase hasil belajar siswa siklus I pertemuan I 60% meningkat sebesar
30% menjadi 90% pada siklus II dengan predikat "Sangat Baik". Berdasarkan hasil
penelitian di atas, membuktikan bahwa metode bennain peran makro dapat meningkatkan
kemampuan berhitung perrnulaan sehingga peneliti merekomendasikan kepada guru
tematik kelas II agar menggunakan metode berrnain peran makro sebagai salah satu
altematif pembelajaran di sekolah.

Keywords

kemampuan berhitung perrnulaan, aktivitas dan ha ii belajar, metode bennain peran makro

Article Details

References

    Arikunto, Suharsimi Dkk. 20 I 1.
    Penelitian Tindakan Ke/as. Jakarta
    : PT. Bumi Aksara.
    Dimyati, Mudjiono. 2006. Be/ajar dan
    Pembelajaran. Rineka Cipta.
    Jakarta
    Dimoji, ··Pengerti an bermain peran mikro
    dan makro",
    http://artikelkesehatananak.com/bag
    aimana-mengasah-imaj inasi-anakdengan-berrnain-peran. html
    (diakses tanggal 26 Oktober 20 15)
    George S. Morrison, 201 2. Dasar-dasar
    Pendidikan Anak Usia Dini, edisi
    ke- V. Jakarta: PT lndeks.
    Harnalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru
    Berdasarkan Pendekatan
    Kompetensi.
    Bandung
    Bumi Aksara.
    http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_p
    eran (diakses tanggal 23 Oktober
    2015)
    J. Tombokan Runtukan dan Selpius
    Kandow. Pembelajaran
    Matematika . Dasar Bagi Anak
    (Yogyakarta: AR-Ruzz Media,
    2014
    Lilis Suryani, dkk. 2010. Metode
    Pengembangan Perilaku dan
    Kemampuan Dasar Anak Usia Dini.
    Jakarta: UT Press.
    Muhibbin Syah. 2010. Psiko/ogi
    Pendidikan dengan Pendekatan
    Baru Bandung: Remaja
    Rosdakarya.
    Sagala, S. 2010 . Konsep dan Makna
    Pembelajaran. Alfabeta. Bandung
    Wardhani, Ischak, dkk. 2008 . Penelitian
    Tindakan Kelas. Universitas
    Terbuka. Jakarta.
    ISSN: :!50:!-555-1
    Vol. 02, NO. Jj:muari 201 7
    6