Main Article Content

Abstract

Berdasarkan kenyataan secara universal dan alamiah bahwa manusia itu
berbeda satu dengan lainnya dalam berbagai hal, seperti dalam ha!
intelegensi, bakat, kepribadian, kondisi jasmani dan sebagainya. Secara
historis, keberbakatan diartikan sebagai mempunyai intelegensi (IQ) yang
tinggi . Anak berbakat (gifted child) secara alami memiliki karakteristik
yang khas dan berbeda dengan anak-anak normal. Dalam keberbakatan
(giftedness) seseorang di Indonesia merupakan ha! yang tergolong baru,
hanya beberapa orang yang memahami sehingga sering orangtua dan guru
memperlakukan anak berbakat sama dengan anak yang lain maka akibatnya
banyak keberbakatan anak '"menguap" begitu saja. Karakteristik anak
berbakat int mencakup beberapa domain penting, seperti domain
intelektual-kognitif, domain persepsi-emosi, domain motivasi dan nilaini lai hidup, domain aktifitas, serta domain relasi sosial. Namun demikian
perlu dicatat bahwa tidak semua anak-anak berb"lkat (gifted) selalu
menunjukkan atau memiliki semua karakteristik tersebut.

Keywords

Anak Berbakat, Keberbakatan, Potensi SDM Indonesia

Article Details

References

    Conny R. Semiawan. 2009.
    Kreativitas
    Keberbakatan. Jakarta :
    Indeks
    Davis, Gary A. 20 12. Anak
    Berbakat dan Pendidikan
    Keberbakatan . Jakarta :
    Indeks
    Idris, Meity H. 2014. Peran Guru
    so
    Dalam Mengelola
    Keberbakatan Anak.
    Jakarta
    Media
    Luxima Metro
    Munandar, Utami. 2009.
    Pengembangan
    Kreativitas Anak
    Berbakat. Jakarta:
    Rineka Cipta
    Mangunsong, Frieda. 1998.
    Psikologi dan
    Pendidikan Anak
    Luar Biasa. Jakarta:
    LPSP3 UI
    Renzulli, J. 1986. The Three
    Ring Conception of
    Giftedness: A
    Development Model
    for Creative
    Productivity In RJ.
    Sternberg and JE.
    Davidson (Eds.),
    Conceptions of
    Giftedness (pp. 53-
    92). New York
    Cambridge University
    Press
    Undang-undang Sistem
    Pendidikan Nasional
    No. 20 tahun 2003