Main Article Content
Abstract
Berdasarkan kenyataan secara universal dan alamiah bahwa manusia itu
berbeda satu dengan lainnya dalam berbagai hal, seperti dalam ha!
intelegensi, bakat, kepribadian, kondisi jasmani dan sebagainya. Secara
historis, keberbakatan diartikan sebagai mempunyai intelegensi (IQ) yang
tinggi . Anak berbakat (gifted child) secara alami memiliki karakteristik
yang khas dan berbeda dengan anak-anak normal. Dalam keberbakatan
(giftedness) seseorang di Indonesia merupakan ha! yang tergolong baru,
hanya beberapa orang yang memahami sehingga sering orangtua dan guru
memperlakukan anak berbakat sama dengan anak yang lain maka akibatnya
banyak keberbakatan anak '"menguap" begitu saja. Karakteristik anak
berbakat int mencakup beberapa domain penting, seperti domain
intelektual-kognitif, domain persepsi-emosi, domain motivasi dan nilaini lai hidup, domain aktifitas, serta domain relasi sosial. Namun demikian
perlu dicatat bahwa tidak semua anak-anak berb"lkat (gifted) selalu
menunjukkan atau memiliki semua karakteristik tersebut.
Keywords
Article Details
References
-
Conny R. Semiawan. 2009.
Kreativitas
Keberbakatan. Jakarta :
Indeks
Davis, Gary A. 20 12. Anak
Berbakat dan Pendidikan
Keberbakatan . Jakarta :
Indeks
Idris, Meity H. 2014. Peran Guru
so
Dalam Mengelola
Keberbakatan Anak.
Jakarta
Media
Luxima Metro
Munandar, Utami. 2009.
Pengembangan
Kreativitas Anak
Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta
Mangunsong, Frieda. 1998.
Psikologi dan
Pendidikan Anak
Luar Biasa. Jakarta:
LPSP3 UI
Renzulli, J. 1986. The Three
Ring Conception of
Giftedness: A
Development Model
for Creative
Productivity In RJ.
Sternberg and JE.
Davidson (Eds.),
Conceptions of
Giftedness (pp. 53-
92). New York
Cambridge University
Press
Undang-undang Sistem
Pendidikan Nasional
No. 20 tahun 2003
References
Kreativitas
Keberbakatan. Jakarta :
Indeks
Davis, Gary A. 20 12. Anak
Berbakat dan Pendidikan
Keberbakatan . Jakarta :
Indeks
Idris, Meity H. 2014. Peran Guru
so
Dalam Mengelola
Keberbakatan Anak.
Jakarta
Media
Luxima Metro
Munandar, Utami. 2009.
Pengembangan
Kreativitas Anak
Berbakat. Jakarta:
Rineka Cipta
Mangunsong, Frieda. 1998.
Psikologi dan
Pendidikan Anak
Luar Biasa. Jakarta:
LPSP3 UI
Renzulli, J. 1986. The Three
Ring Conception of
Giftedness: A
Development Model
for Creative
Productivity In RJ.
Sternberg and JE.
Davidson (Eds.),
Conceptions of
Giftedness (pp. 53-
92). New York
Cambridge University
Press
Undang-undang Sistem
Pendidikan Nasional
No. 20 tahun 2003