Main Article Content

Abstract

Dewasa ini ada 2 paharn tentang filosofi dan landasan teori tentang tepat tidaknya
anak usia dini rnulai bel ajar maternatika/berhitung, pertama para ahli yang
mernpercayai bahwa matematik/berhitung tepat untuk rnulai diajarkan di satuan
PAUD, sedang kelornpok kedua mengatakan belum tepat. Makalah ini bertujuan
untuk rnendeskripsikan rnengenai metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf,
cara mernbaca, menuli s dan bilangan bagi anak usia dini . Begitu sernaraknya
keinginan pendidikan CALISTUNG di tingkat PAUD, para ahli yang mengatakan
setuj u dengan pernbelajaran matematika di satuan PAUD cukup banyak,
diantaranya yaitu Joon Sun Lee and Herbert P. Ginsburg, 2009. Mereka
berkeyakinan bahwa ada 9 common misconceptions tentang belajar dan mengajar
rnatematika untuk anak muda khususnya anak usia dini di United States. Ke 9
mi sconceptions tersebut yaitu ; I. Anak usia dini tidak siap untuk belajar
matematika; 2. Matematika merupakan ilmu bagi beberapa anak yang cerdas saja
yang rnerniliki gene maternatika; 3. Karenanya anak usia dini cukup rnempelaj ari
bilangan sederhana dan bentuk-bentuk bilangan; 4. Belajar bahasa dan keaksaraan
lebih penting daripada rnatematika; 5. Guru seyogyanya menyediakan pengayaan
lingkungan fisik, melangkah ke belakang dan biarkan anak bennain; 6. Maternatika
seharusnya tidak diajarkan sebagai pokok bahasan sendiri ; 7. Assessment untuk
maternatika tidak relevan bagi anak; 8. Anak belajar mathematika hanya dengan
cara berinteraksi denga subjek yang kongkrit dan; 9. Kornputer itu tidak tepat untuk
belajar-mengajar mathematika. Sedang kelompok ahli yang tidak setuju
diantaranya yaitu para ahli yang bergabung dalam National Association of Early
Childhood Education and Young Children (NAEYC, 2002) dan yang bergabung
dengan ational Commission on Teaching Mathematics (NCTM, 2002). Studi
yang dilakukan oleh Klibanoff, at.all (2006) tentang "Preschool Children's
Mathematical knowledge: Th e effect of teacher "math talk", diperoleh 3 (tiga)
temuan, salah satunya menjelaskan bahwa pengetahuan maternatik anak usia 4
tahun berbeda-beda, perbedaan ini berasosiasi dengan status ekonomi keluarganya.
Pada tulisan ini dikemukakan mengenai metode untuk anak usia dini .

Keywords

Mengenalkan Huruf, Mernbaca, Menulis, Bilangan

Article Details

References

    Adhiyani Winda Ulfah 2013. Metode Membaca Permulaan di Sekolah Dasar.
    blogspot.com/2013.
    Christopher T., Ed. ; Woods, Taniesha A., Ed.; Schweingruber, Heidi , Ed., 2009.
    Mathematics Leaming in Early Childhood: Paths toward Excellence and
    Equity Cross, National Academies Press. USA.
    Kementerian Pendidikan Nasional, 2006. Acuan Penyelenggaraan Program Keaksaraan:
    Metode Pembelajaran Melalui Gambar dan Abjad, Kata Kunci, Suku Kata,
    SAS dan Asosiasi. Jakarta.
    Kamii, Constance, 2000. Young Children Reinvent Arithmetic: Implications of Piaget's
    Theory. Second Edition. Early Childhood Education Series. Teachers College
    Press, Williston, USA.
    Klibanoff, Raquel S.; Levine, Susan C.; Huttenlocher, Janellen; Vasilyeva, Marina;
    Hedges, and Larry V. 2006. Preschool children's mathematical knowledge: The
    effect of teacher "math talk."
    Ranoptri Deni, 2005. Aspek Membaca Pennulaan Di Kelas Rendah. WEB Edukasi
    KEMENDIKBUD.
    Joon Sun Lee and Herbert P. Ginsburg , 2009. Early childhood teachers' misconceptions
    about mathematics education for young children in the United States. Source:
    Australasian Journal of Early Childhood.