Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh menggambar
terhadap kemampuan bercerita anak usia 5 - 6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di
TK Kartika IX - 18, Jakarta Timur pada buIan Mei 2012. Sampel adalah anak
kelompok B berusia 5 - 6 tahun yang berjumlah 27 anak. Data yang dikumpulkan
menggunakan instrument observasi berbentuk check list, kemudian dianalisis
menggunakan uji - t. Menggambar merupakan kegiatan yang dekat dan sangat
menyenangkan bagi anak, dengan menggambar aspek perkembangan anak akan
berkembang dengan baik, karena dengan menggambar seluruh aspek
perkembangan anak terstimulasi. Menggambar sesuai dengan imajinasi anak dan
menggunakan alat serta media yang bermacam-macam dapat menambah
pengetahuan anak. Motorik anak juga dapat terstimulasi dengan menggambar,
motorik sangat berguna bagi kesiapan anak dalam menulis. Berce1ita merupakan
bagian dari kemampuan bicara anak dan merupakan bagian dari aspek
perkembangan bahasa. Anak akan lebih mudah bercerita dan berani
mengemukakan pendapat bila diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang
ada dipikiran dan benak mereka. Melatih anak bercerita akan mengembangkan
kemampuan anak dalam berbicara dan keberanian mengutarakan pendapat, karena
berbicara merupakan salah satu faktor keberhasilan anak dalam proses interaksi
sosial. Menggambar dan bercerita juga dapat mengembangkan daya imajinasi anak
yang dapat melatih kecerdasan kognitif. Kemampuan bercerita anak meningkat
setelah diberi perlakuan menggambar, hal ini dapat dilihat dari analisis data melalui
hasil rata - rata post test kemampuan bercerita anak lebih tinggi dari pada hasil rata
- rata pre test dan jumlah anak yang mendapat nilai dibawah rata - rata setelah
perlakuan, menurun dibandingkan jumlah anak sebelum perlakuan.

Keywords

Pengaruh Menggambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Kartika IX-18 Jakarta Timur.

Article Details

References

    Aisyah, Siti, dkk. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakruta : Universitas Terbuka.
    Fadlilla Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD.Jogjakarta:Ar-Ruzz. Grup
    Hidayani, Rini,dkk. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas
    Isjoni . 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini.Alfabeta:Bandung.
    Setiawan, Didang, 201 I, Penelitian Tindakan Kelas, LPMP, Jakarta.
    Soetjiningsih Christian Hari. 2012. Perkembangan Anak. Jakarta : Prenada Media Terbuka.
    Wibawa, Basuki. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Depdiknas.