Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran empms tentang
kesiapan guru dalam menerima pendidikan inklusi di TK Islam PB Soedinnan
Cijantung Jakai1a Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga cara,
yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti itu
sendiri. Untuk menentukan instrumen yang akan digunakan dalam pengumpulan
data, maka peneliti harus mengetahui jenis data yang akan digunakan. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, display data,
verifikasi data serta mengambil kesimpulan dari data data yang telah diolah. Peneliti
mengadakan penelitian di TK Islam PB Soedirman dengan melakukan wawancara
kepada seluruh siswa dan staf - staf sekolah serta warga sekitar sekolah. Dari hasil
penelitian ini disimpulkan dalam beberapa point, yaitu: (I) Pendidikan di Indonesia
yang diselenggarakan secara demokratis, dan berkeadilan, serta tidak diskriminatif
dengan menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia nilai keagamaan, nilai kultural dan
kemajemukan bangsa menjadi dasar TK Islam PB Soedirman mengadakan
pendidikan inklusi. (2) Sebagai TK reguler, TK Islam PB Soedirman mengadakan
berbagai kebijakan bagi pengembangan pengetahuan guru untuk anak berkebutuhan
khusus, diantaranya pelatihan dari para ahli, seminar dan workshop pendidikan
inklusi, studi banding ke sekolah inklusif di daerah Bandung, serta kunjungan ke
lembaga- lembaga terapi . (3) Dalam prakteknya guru-guru saling bekerjasama untuk
mengelola anak berkebutuhan khusus. (4) Hambatan yang dihadapi guru dalam
kegiatan belajar mengajar kelas inklusi di TK Islam PB Soedinnan adalah belum
adanya sistem khusus untuk menangani anak-anak ABK. (5) Kehidupan sosial di TK
Islam PB Soedinnan berjalan cukup baik, seiring dengan makin seringnya peserta
didik berkebutuhan khusus terlibat dalam kegiatan bel ajar mengajar di TK Islam PB
Soedirman.
Keywords
Article Details
References
-
Dedy, Kustawan. 2013. Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus .
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan di Indone ia . Jakarta: Luxima 103.
Kementrian Pendidikan Nasional
Kemitraan Indonesia-Australia. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif
Mudjito, Harizal dan Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusi. Jakarta: Baduose Media
Soehardi, Sigit.2001. Metodologi Penelitian . Yogyakarta: BPFE UST
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Syaiful, Hidayat Deden dan Wawan. 2013 . Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Jakarta:
Luxima
References
http://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan di Indone ia . Jakarta: Luxima 103.
Kementrian Pendidikan Nasional
Kemitraan Indonesia-Australia. 2010. Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif
Mudjito, Harizal dan Elfindri. 2012. Pendidikan Inklusi. Jakarta: Baduose Media
Soehardi, Sigit.2001. Metodologi Penelitian . Yogyakarta: BPFE UST
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:
Syaiful, Hidayat Deden dan Wawan. 2013 . Pendidikan Berkebutuhan Khusus. Jakarta:
Luxima