Main Article Content
Abstract
Pendidikan anak usia dini sangat penting bagi perguruan tinggi program PAUD dan
tenrunya bagi para orangrua maupun guru pada umumnya. Dengan pendidikan anak
usia dini maka akan tercipta keserasian hubungan yang hannoni s antara anak
dengan orangtua, antara anak dengan guru , antara anak dengan anak maupun anak
dengan lingkungannya. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk melejitkan potensi
dan prestasi anak sejak usia dini. Setiap anak usia dini memiliki karakteristik yang
berbeda dan memiliki kekhasan (Uniq) , baik secara fisik, psikis, sosial, moral dan
sebagainya. Dan masa anak-anak (golden age) merupakan masa yang paling
penting bagi seseorang sebagai pijakan awal untuk bekal sepanjang hidupnya
kelak. Karakteristik Anak usia dini (0 - 8 tahun) merupakan sikap dari individu
yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.
Sehingga setiap orangrua dan guru dalam memahami karakteristik anak usia dini
sangat bennanfaat unruk pemberian stimulant pada anak secara benar dan sesuai
dengan tahap perkembangan anak. Meskipun perkembangan setiap anak memiliki
pola yang hampir sama namun kecepatannya berbeda-beda. Perkembangan setiap
anak yang mengikuti pola maka hasilnya dapat diramalkan dengan cara dan
kecepatannya sendiri yaitu berkembang secara tertib sesuai tahap demi tahap,
langkah demi langkah namun sebagian anak yang lain mengalami kecepatan
perkembangan secara melonj ak. Pentingnya memahami anak usia dini mempunyai
3 alasan ya itu usia dini merupakan usia yang paling penting dalam tahap
perkembangan manusia, pengalaman awal yang sangat penting, dan perkembangan
fisik serta mental mengalami percepatan yang luar biasa sepanjang rentang
kehidupannya . Jadi akan sia-sia jika para orang tua dan guru mengabaikan
pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini dari pantauan dan pemberian
stimulan.
Keywords
Article Details
References
-
Bruse, Tina, Early Childhood Education, London : Holder & Stoughton, 1987.
Depdikbud, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak, 1994.
Ebbeck, Marjory Ann, Early Childhood Education, Melbourne : Longman Cheshire, 1991.
Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak, Jilid I dan Ikan Mas,
Jakarta : Erlangga, 1992.
Makalah Seminar, Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Ambarukmo Palace Hotel
Yogyakarta, 24 September 1998.
Meity H. Idris, Pola Asuh Anak, Melejitkan potensi dan Prestasi Anak Sejak Usia Dini,
Jakarta : Luxima, 2012
Padmonodewo, Soemiarti, Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah, Depdikbud, Dirj en Dikti.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990, Tentang Pendidikan Pra
Sekolah.
Sholehuddin, M. Ors. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah, IKIP Bandung, 1997.
Sudjud, Aswami, Konsep Pendidikan Pra Sekolah, FIP IKIP Yogyakarta, 1997.
References
Depdikbud, Program Kegiatan Belajar Taman Kanak-Kanak, 1994.
Ebbeck, Marjory Ann, Early Childhood Education, Melbourne : Longman Cheshire, 1991.
Hurlock, Elizabeth B., Perkembangan Anak, Jilid I dan Ikan Mas,
Jakarta : Erlangga, 1992.
Makalah Seminar, Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini di Ambarukmo Palace Hotel
Yogyakarta, 24 September 1998.
Meity H. Idris, Pola Asuh Anak, Melejitkan potensi dan Prestasi Anak Sejak Usia Dini,
Jakarta : Luxima, 2012
Padmonodewo, Soemiarti, Buku Ajar Pendidikan Pra Sekolah, Depdikbud, Dirj en Dikti.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 1990, Tentang Pendidikan Pra
Sekolah.
Sholehuddin, M. Ors. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah, IKIP Bandung, 1997.
Sudjud, Aswami, Konsep Pendidikan Pra Sekolah, FIP IKIP Yogyakarta, 1997.