Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara deskriptif eksperimental
tentang pengaruh menggambar dengan krayon terhadap kemampuan motorik halus
anak anak usia 5 - 6 tahun di TK Satu Atap Pekayon 15, Pasar Rebo,Jakarta Timur.
Populasi penelitian ini adalah semua murid kelompok B TK. Satu Atap Pekayon
15 , Pasar Rebo, Jakarta Timur sebanyak 30 murid. Sampel yang diperlukan adalah
10 sampel uji coba instrumen, dan 30 sampel uji statistik untuk membuktikan
hipotesis. Agar penulis mendapat data-data yang akurat, maka penulis memilih
metode kepustakaan dalam mengumpulkan dukungan teori dan metode penelitian
quasi experiment (eksperimen semu) untuk pembuktian hipotesis. Dengan pilihan
metode itu, maka untuk metode pengumpulan data penulis memilih metode
observasi lapangan, dan teknik pengambilan data menggunakan metode pre test
dan post test. Selanjutnya, penulis juga menetapkan rumusan hipotesi s, yakni
Menggambar dengan krayon berpegaruh secara signifikan terhadap
kemampuan motorik ha/us anak anak usia 5-6 ta/um. Pembuktian hipotesis diuji
dengan pengolahan data yang dikumpulan dari lapangan, yakni TK. Satu Atap
Pekayon 15, Pasar Reba, Jakarta Timur. Tekanan penelitian ini pada menggambar
dengan krayon sebagai variabel bebas (X) dan kemampuan motorik halus anak usia
5 - 6 tahun sebagai variabel terikat (Y) dengan tolak ukur data hasi I pre test dan
post test yang dilakukan. Perhitungan data menggunakan rumus t-test. Hasil
pengolahan data t-test memperoleh nilai t hitung = 15,591, temyata t hitung Jebih
besar dari ttabel (1,734) pada tahap derajat kekeliruan (dk=30-2), dan taraf
signifikansi 5%. Jadi hipotesis penulis bahwa menggambar dengan krayon
berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan motorik halus anak anak usia 5
- 6 tahun di TK Satu Atap Pekayon 15, Pasar Reba, Jakarta Timur, diterima.

Keywords

Motorik Halus, Perkembangan, Anak Usia Dini

Article Details

References

    As' adi Muhammad. 2009. Panduan Praktis Menggambar dan Mewarnai Untuk Anak.
    Yogyakarta : Power Book Thdina.
    Cambell, D.T.& Stanley, J.C. I963 . Experimental and Quasi Experimental Designs for
    Research in NL. cage (Ed.) Handbook of Research on Teaching. Chicago.Rand
    Mc.Nally & Co :
    Firdaus Alamhudi. 2000. Feath er Painting. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
    http://11ww. babvcenter.comlrefcap/babvlbabvdevelop111e11t/65 73. /,tml.
    Hennawan Wasito, 1998. Pengantar Metodologi Penelitian, Buku Pedoman Mahasiswa,
    Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama,
    Kemendiknas. 2010. Pedoman Pembelajaran Seni di TK, Melipat. Jakarta: Dikdasmen
    M. Iqbal Hasan. 2002. Pokok-Pokok Materi Penelitian dan Aplikasiny a, Jakarta : Ghalia
    Indonesia.
    Mohammad Rohmadi dan Slamet Subiantoro. 201 I. Bunga Rampai Model-Model
    Pembelajaran Bahasa, Sastra dan Seni. Surakarta: Yuma Pustaka.
    Riduwan. 2005 . Be/ajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula .
    Bandung : Alfabeta.
    Sugiarto, dkk. 2003. Te/.mik Sampling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
    Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R & D. Bandung: Alfabeta.
    Suharsimi Arikunto. 1993. Manajemen Penelitian. Yogyaka11a : Rineka Cipta.
    Sukandarrumidi. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
    Sri Rosdianawati, dkk. 20 IO.Pengembangan Seni dan Keterampilan. Jakarta : Universitas
    Terbuka.
    Team Workshop askah Seri Pembelajaran TK. 2010. Melipat . Jakarta: Kemendiknas.