Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertuj uan untuk mengungkapkan secara deskriptif eksperimental
tentang pengaruh bennain sandiwara boneka terhadap kemampuan berbahasa anak
usia 5 - 6 tahun di T K Wilima' s Panen, Ciracas. Populasi penel itian ini adalah semua
murid kelompok B TK. Wilima ' s Panen, Ciracas. sebanyak 15 anak, metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel j enuh atau sampel populasi.
Sampel yang di perlukan dalam penelitian ini adalah 10 sampel uj i coba instrumen,
dan 15 sampel uj i statistik untuk membuktikan hipotesis. Penelitian menggunakan
metode kepustakaan dalam mengumpulkan dukungan teori dan metode penelitian
quasi experiment (eksperimen semu) untuk pembuktian hipotesis.
Tekanan penelitian ini pada bennain sandi wara boneka sebagai variabel bebas (X)
dan kemampuan berbahasa anak usia 5 - 6 tahun sebagai variabel terikat (Y) dengan
tolak ukur data hasil pre test dan post test yang dilakuka n. Perhitungan data dalam
analisis data penelitian ini menggunakan rumus t-test.
Hasi l pengolahan data t-test diperoleh nilai t hitung = 13,505, tem yata t hit ung lebih
besar dari t ••he& ( 1,771) pada tahap derajat kekeliruan (dk=n-2), dan taraf
signifikansi 5%. Jadi hipotesis penulis bahwa : Ada pengaruh yang signifikan
bermain sandiwara boneka terhadap kemamp uan berbahasa anak usia 5 - 6 tahun di
TK Wilima 's Panen, Ciracas, diterima.

Keywords

Kemampuan Bahasa, A nak Usia 5-6 tahun, Bermain Sandiwara

Article Details

References

    Abdul Chaer, Psikolingustik Kajian Teoritik (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003).
    Cambell, D.T.& Stanley, J.C. Experirn.ental and Quasi Experimental Designs for Research
    in NL. cage (Ed.) Handbook of Research on Teaching. Rand Mc.Nally & Co
    Chicago. (1963).
    Carole Cox, Teaching Language Arts (USA: Allyn and Bacon, 1999).
    Dam1iyati Zuchdi & Budiasih, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Ke/as Rendah
    (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1997).
    E. Mulyana, Kurikulum Berbasis Kompetensi (Bandung: Rosda Karya, 2002).
    Furqanul Azies & A. Chaedar Alwasilah, Pengajaran Bahasa Komunikatif (Bandung:
    Remaja Rosdakarya, 1996).
    Hilbana S. Rahman, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PGTKI Press,
    2002),
    Husnaini Usman dan Pumomo Setiady Akbar, Pengantar Statistika (Jakarta: PT Bumi
    Aksara, 2003).
    Hurlock Ekizabeth,I980. Psikologi Perkembangan, Jakaita : Erlangga.
    Husnaini Usman dan Pumomo Setiady Akbar, Pengantar Statistika (Jakaita: PT Bumi
    Aksara, 2003).
    Jayne Sowers, Language Arts In Early Education (Georgia; Georgia Fox University,
    2000).
    Karen D' Angelo Bromley, Language Arts: Exploring Connections Second Edition (New
    York: Simon & Schuster, 1992).
    Maidar G Arsjad & Mukti U.S , Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia
    (Jaka1ta: Erlangga, 1997).
    Ma1tini Jamaris, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak - Kanak
    [Jakarta: Prograin Studi Pendidikan Usia Dini PPS UNJ, 2003).
    Martha Bronson, Th e Right Stuff For Children Birth to 8 (Washington D.C. : ational
    Association forthe Education of Youny Children, 1995).
    Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. , (Jakarta: Depdikbud
    kerjasama dengan Rineka Cipta, 1999).
    Nurbiana Dhieni, dkk., Metode Pengambangan Bahasa : Modul 6 (Jakarta: Universitas
    Terbuka, 2005).
    Riduwan, 2005, Belajar Mudah Penelitian , (Bandung : Alfabeta, 2005)
    Seri Ayah Bunda.2007. http.www.kompas.com.lkirim_beritalprint.cfm nmum = 16
    Nopember 2007.
    Semiawan,Conny R. Memupuk Bakat dan Minat Kreatifitas Siswa Sekolah Menengah,
    (Jakarta : Gramedia, 1983).
    Setiadi, 2007, Konsep dan Penulisan Rise!, Yogyakarta: Graha llmu,
    Sugiyono, Metode Pene/itian Kuantitatif Kua/itataif dan R & D , (Bandung : Alfabeta,
    2011)
    Soemiarti Patmonodewo, Pendidikan Anak Prasekolah (Jaka1ta: Rineka Cipta, 2000).
    Soenjono Dardjowidjojo, Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia
    (Jaka1ta: Yayasan Obar Indonesia, 2003).
    Sujiono, Bambang dan Yuliani Nurani Sujiono, Menu Pembelajaran Anak Usia Dini,
    Jakarta: PT. Grasindo,2000.
    Siti Fatimah, Kumpulan Proses Be/ajar di Taman Kanak-Kanak Islam/RA (Jakarta:
    Yayasan Pendidikan Cut Mutiah, 1997).
    Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: Rineka
    Cipta, 2006).
    Utami Munandar, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah Petunjuk Bagi
    Para Guru dan Orang Tua (Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 1999).
    Syamsu Yusuf, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Bandung: Rosda Karya,
    2000).
    Yuliani Nurani Sujiono dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis
    Kecerdasan Jamak. Jakarta : Indeks.
    Yuliani Nurani Sujiono. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta : PT.
    lndeks,2009).
    http:llwartawarga.gunadarma. ac.id/2010101/Pengertian-boneka)