Main Article Content

Abstract

Penelitian 1111 be1tujuan untuk meningkatkan Pendidikan Karakter
Kedi siplinan pada Anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan di TK ·Aisyiya h
Busta nul Athfal IOI Cipayung Jaka1ta Timur pada bulan Mei - Juni 20 15.
Subj ekPenelitian ini adalah anak kelompok B berusia 5-6 tahun ya ng be1jumlah 12
anak. Metode penelitian ya ng di gunakan ada lah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2
siklus yang terdiri dari I siklus 4 pertemuan. Pertem uan I diberitindakan dengan
metode mendongeng bertema Serunya jadi Anak Sabar. Pe1temuan II improv isasi
denga n boneka tangan. Pertemuan lrl denga n tem a aku bi a mera pikan mainan
sendiri. Dan pertemuan IV dengan tema Yuk Jadi Anak anak Raj in. Teknik
pengumpul an data yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentas i.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa karakter kedisiplinan pada anak meningkat di
' Aisyiyah Bustanul Athfal I0 I Cipayung Jakarta Timur setelah diberi tindakan
dengan metode mendongeng. Secara umum temuan penelitian ini, ya itu bahwa
metode mendongeng efektif untuk men ingkatkan karakter kedi siplinan. Hal ini
ditunjukan dengan hasil present 69% pada siklus I meningkat menjadi 74% dan pada
siklus II men ingkat lagi menjadi 85%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui
mendongeng dapat meningkatkan pendidikan karakter kedisiplinan pada anak usia 5-
6 tahun di TK ' Aisy iyah Bustanul Ath fa I I0 I Cipayung Jakarta Timur.

Keywords

Metode mendongeng, pendidikan karakter kedisiplinan

Article Details

References

    Abdul Amka Aziz. 2013. Meletakkan pondasi untuk usia emas Anak Indonesia
    (Pola Pembelajaran PAUD berkatakter). Klaten: Cempaka Putih.
    Hendri. 2013. Pendidikan karakter berbasis dongeng: Bandung: Simbiosa Rekatama
    Media.
    Kasmadi. 2013. Sofskills Anak-anak hebat. Bandung. Alfabeta
    Tridhonanto, Al. 2014. Pola asuh demokratis. Jakarta: Kompas Gramedia.
    Zubaedi. 2011. Desain pendidikan karakter. Jakarta: Prenada Media Grup.