Main Article Content

Abstract

Bermain merupakan inti dari program perkembangan anak usia dini yang paling tepat dan
anak memiliki cara yang sesuai dengan diri mereka untuk menjadi lebih cerdas dan kreatif
dari hari ke hari. Namun hal ini belum sepenuhnya dipahami oleh para orang tua dan
penclidik. Kurangnya pemahaman para pendi cl ik dan orang tua aka n pent ingnya berma in
bagi anak merupakan hal yang sangat disayangkan karena anak akan sangat mudah
menyerap pengetahuan yang ia pelajari seraya berma in . Sebenarnya ada banyak sekali
manfaat yang didapatkan clari kegiatan bermain, sa lah satunya adalah pengembangan
kreativ itas anak. Tujuan pen ulisan makalah ini adalah untuk mengetahui clan membahas
mengenai bermain dan kreativitas, pentingnya bermain pada anak usia dini, bentuk
permainan yang dapat membangun kreativitas anak dan ciri-ciri anak kreatif.

Article Details

References

    Agus Sujanto. 1996. Psikologi Perkembangan. Jakarta : PT Rineka Cipta
    Hurlock, E . B., 1980. Psikologi Perkembangan (suatu p endekekatan sepanjang
    rentang kehidupan) edisi ke fima. Jakarta: Erl angga
    Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Belajar
    Montolalu, B.E.F, dkk. 2006. Bermain dan Permainan
    Terbuka
    Anak. Jakarta : Universitas
    Mulyadi, S. 2004. Bermain dan Kreativitas (upaya mengembangkan kreativitas anak
    melalui bermain) .Papas Sinar Sinanti : Jakarta
    Munandar, S.C.U. 1995. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat.Jakai1a
    Rineka Cipta kerjasama dengan Depa11emen Pendidikan dan
    Kebudayaan
    Munandar Utarni. 1999. Mengembangkan Bakat dan
    Seka/ah. Jakarta : Rineka Cipta
    Mutiah Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia
    Kreativitas Anak
    Dini.Jaka11a : Kencana
    Nurani, Sujiono. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta : PT Indeks
    Nursisto. 1999. Kiat menggali kreativitas. Yogyakarta : Mitra Gama Media
    Tabrani, Primadi. 1998. Proses Kreasi, Apresiasi, Be/ajar.Bandung : Penerbit ITB