Analisis Konstruksi Chassis Mobil Listrik Prototype Tipe Hollow Alumunium 6061 Profil Pipa Menggunakan Simulasi CFD

Authors

  • An Naas Rahman Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka
  • Riyan Ariyansah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.22236/metalik.v4i1.20055

Keywords:

prototype, inventor, von mises stress, displacement, safety factor

Abstract

Abstrak

Background: Chassis merupakan bagian terpenting pada structural kendaraan. Masa kini sudah banyak kendaraan yang menggunakan tenaga listrik, karena bahan bakar fosil akan habis. Adanya bahan bakar listrik menjadikan kendaraan dimasa kini ramah lingkungan dan tidak mengeluarkan polusi. Pembuatan mobil listrik prototipe salah satunya menyiapkan desain dan disimulasikan menggunakan software. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model chassis dengan bahan alumunium hollow 6061 yang terbaik dengan perbandingan tiga model chassis. Perbandingan dilakukan melalui analisis static menggunakan software Autodesk Inventor 2019 dengan model chassis pola H, X, dan Y yang akan diberikan beban sebesar 900 N meliputi beban pengemudi sebesar 600 N. Nilai yang didapat dari analisis statik, yaitu Von Mises Stress, Displacement, dan Safety Factor. Chassis pada pengujian ini memiliki dimensi ukuran 2,160 mm x 750 mm x 500 mm dengan ketebalan 2 mm. Kesimpulan dari hasil pengujian statik pada chassis menjelaskan chassis dengan model H menjadi model chassis yang terbaik pada penelitian ini dengan nilai Von Mises Stress 36,03 MPa, Displacement 4,28 mm, dan Safety Factor 7,63. Berdasarkan hasil tersebut chassis model H aman.

 

Abstract

Background: The chassis is the most important structural part of the vehicle. Nowadays, many vehicles use electric power, because fossil fuels will run out. The existence of electric fuel makes today’s vehicles environmentally friendly and does not emit pollution. One way to make a prototype electric car is to prepare a design and simulate it using Autodesk Inventor Software. This research aims to find the best chassis model made from 6061 hollow aluminum by comparing three chassis models. The comparison was carried out through static analysis using Autodesk Inventor 2019 software. With chassis models, namely chassis pattern H, X, and Y which will be subjected to a static load test of 900 N including the driver’s load of 600 N. The values obtained are von mises stress, displacement, and safety factor. The chassis in this test has dimensions of 2,160 mm x 750 mm x 500 mm with a thickness of 2 mm. The conclusions from the static test results on the chassis explains that the H model chassis is the best chassis model in this study with a von mises stress value of 36,03 MPa, displacement of 4,28 mm, and safety factor of 7,63. Based on these result, the H model chassis is safe.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, H., Juma, D., & Jahuddin, M. R. (2020). Penerapan metode elemen hingga untuk desain dan analisis pembebanan rangka chassis mobil model tubular space frame. ILTEK : Jurnal Teknologi, 15(02), 96–102.

Adriana, M., Angkasa, A. B., Pengajar Jurusan Mesin Otomotif, S., Negeri Tanah Laut, P., Jurusan Mesin Otomotif, M., Negeri Tanah Laut Jl Yani Km, P. A., & Tanah Laut Kalimantan, P. (2017). Rancang Bangun Rangka (chasis) Mobil Listrik Roda Tiga Kapasitas Satu Orang | 129 Jurnal Elemen. 4.

Alfatih Hendrawan, M., Ilmu Purboputro, P., Aji Saputro, M., & Setiyadi, W. (n.d.). Perancangan chassis mobil listrik prototype “Ababil” dan simulasi pembebanan statik dengan menggunakan solidworks premium 2016.

Arie, M., Setiawan, A., Sujana, I., & Wicaksono, R. A. (2021). Simulasi Struktur Sasis Mobil Listrik Fakultas Teknik Menggunakan Finite Element Analysis (FEA). In Sujana & Wicaksono (Vol. 2, Issue 2).

Boye, T. E., Otuazohor, O. P., & Akpan, A. E. (n.d.). Design, fabrication and testing of a prototype vehicle chassis for eco-marathon challenge.

Dan Pembuatan, A., Anggara Syinta, R., Suripto Jurusan Teknik Mesin, H., Pasir Pengaraian Jl Tuanku Tambusai, U., Pengairan, P., & Rokan Hulu, K. (2021). Chassis tipe ladder frame mobil kmhe urban concept menggunakan metode simulasi dan pahl and beitz. In Jurnal Energi dan Inovasi Teknologi (ENOTEK) (Vol. 1, Issue 1).

Fakhri, M. I., & Sukarnoto, T. (2023). Analisis chassis mobil hemat energi untuk kontes kmhe tipe prototype team hmm usakti. jurnal penelitian dan karya ilmiah lembaga penelitian universitas trisakti, 8(2), 330–336.

Firmansyah, B. A., Hartono, P., & Basjir, M. (n.d.-a). Perancangan kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi “haizum.”

Firmansyah, B. A., Hartono, P., & Basjir, M. (n.d.-b). perancangan kontruksi sistem kemudi tipe rack and pinion pada mobil hemat energi “haizum.”

Hendarmin, D. W., Hanifi, R., & Naubnome, V. (n.d.). Perancangan struktur mobil listrik “jetz” dan analisis statik menggunakan FEA (finite element analysis).

Koumartzakis, G., Spanoudakis, P., & Tsourveloudis, N. C. (n.d.). Design and development of a prototype electric vehicle’s chassis.

Mulyanto, T., & Sapto, A. D. (2017). Analisis tegangan von mises poros mesin pemotong umbi-umbian dengan software solidworks (Vol. 18, Issue 2).

Nunes, R., Adams, J. H., Bean, J. C., Laboratories, B., Beaudry, • B J, David, •, & Berry, F. (n.d.). Volume 2 Publication Information and Contributors.

Peringkat, T. ", Bahasyim, M. Z., Ariyansah, R., Dan, , & Heriyani, O. (n.d.). Jurnal Asiimetrik: Jurnal Ilmiah Rekayasa Dan Inovasi Analisis Bentuk Kontruksi Chassis Mobil Listrik Prototype Tipe Hollow Alumunium 6061 Menggunakan Software Inventor 2016 Article information. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jl. Tanah Merdeka, 13830(6).

Premono, A., Kholil, A., & Salafuddin, H. (n.d.). Desain dan analisis kekuatan pada rangka kendaraan jenis prototype sesuai standar shell eco marathon asia.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Rahman, A. N., & Ariyansah, R. (2025). Analisis Konstruksi Chassis Mobil Listrik Prototype Tipe Hollow Alumunium 6061 Profil Pipa Menggunakan Simulasi CFD. METALIK : Jurnal Manufaktur, Energi, Material Teknik, 4(1), 43–57. https://doi.org/10.22236/metalik.v4i1.20055