Analisis Penyebab Kerusakan CDI Pada Mesin Motor Beat 110CC
DOI:
https://doi.org/10.22236/metalik.v3i1.14274Keywords:
CDI (Capacitor Discharge Ignition), Sepeda motor, KerusakanAbstract
Besar atau kecilnya performa dalam suatu mesin salah satunya dapat dipengaruhi oleh sistem pengapiannya. CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah Sebuah komponen dalam sistem pengapian motor, yang bertugas menghasilkan percikan api pada busi dengan waktu yang tepat untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder mesin. Dalam system kerjanya CDI memiliki 2 type CDI DC dan CDI AC. CDI yang rusak dapat mempengaruhi kinerja motor dan keamanan pengendara. Seperti yang dialami pada customer kendaraan motor Beat 110CC dengan CDI DC pada bengkel AGC, dengan keluhan kendaraan motornya susah menyala dan sering mogok saat dikendarai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab dari kerusakan CDI pada mesin motor Beat 110CC. Pada penelitian tersebut menggunakan metode eksperimental yang melibatkan pengujian langsung terhadap CDI yang rusak tersebut. Hasil dari metode eksperimental bahwa penyebab CDI rusak pada motor Beat 110CC disebabkan Over Voltage di Kiprok pada arus pengisian ke baterai. Baterai yang menerima tegangan berlebih secara otomatis mengirimkan tegangan yang berlebih pada CDI. Normal nya output dari kiprok 12V-14V ketika sudah melebihi angka tersebut maka dapat menyebabkan tegangan aki tidak stabil dan menyebabkan CDI rusak. Berdasarkan analisis penelitian dan pembahasan, dapat menyimpulkan hasil penelitian. Bahwa untuk mengatasi rusaknya CDI pada kasus tersebut dengan mengganti kiprok agar arus yang di input oleh baterai tetap stabil. Ketika kendraan sudah mengalami masalah segera bawa ke bengkel agar dapat terhindar dari kerusakan yang serius dan memastikan kinerja motor tetap dalam kondisi optimal
Downloads
References
D. Sugiono, A. Lostari, N. Indah Riani, and A. Kusdyanto, “Studi Eksperimental Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa Kendaraan Empat Langkah,” Infotekmesin, vol. 14, no. 1, pp. 135–140, 2023, doi: 10.35970/infotekmesin.v14i1.1656.
Sachrul Ramdani, “Analisis Pengaruh Variasi CDI Terhadap Performa dan Komsumsi Bahan Bakar Honda Vario 110cc,” J. Tek. Mesin, pp. 5–9, 2015.
H. Prastyo, T. Supriyanto, and S. Subekti, “Pengaruh porting saluran intake dan exhaust terhadap kinerja kawasaki ninja 2 tak 150 cc Effect of intake and exhaust channel porting on kawasaki ninja 2 stroke 150 cc performance,” vol. 4, no. April, pp. 11–17, 2023.
R. I. Nor Hidayat, “Alat Peraga Sistem Pengapian Elektronik Arus Searah / Cdi-Dc Pada Sepeda Motor Shogun 110,” PolhaSains , J. Sains dan Terap. Politek. Hasnur, vol. 06, no. April, pp. 6–12, 2018.
E. Yorda Agustin, Subekti Subekti, and Dayu Andryas Saputra, “Identification of misfiring in engine 1000cc using fast fourier transform analysis,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 148–155, 2023, doi: 10.37373/jttm.v4i2.553.
Irpan Setiawan and Wilarso, “ANALISIS PERBANDINGAN TEKANAN TIPE POMPA BAHAN BAKAR INJEKSI DAN TIPE BAHAN BAKAR MEKANIK,” TEKNOSAINS J. Sains, Teknol. dan Inform., vol. 8, no. 1, 2021, doi: 10.37373/tekno.v8i1.73.
K. B. Bakar, “1 2 , 3,” vol. 1, no. 2, pp. 61–66, 2020.
J. Ardiansyah and D. H. Sutjahjo, “Modifikasi Sistem Pengapian Honda C70 Standart Menggunakan Pengapian Cdi Pada Pengujian Performa,” J. Rekayasa Mesin, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/30855%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-rekayasa-mesin/article/view/30855/28082
H. Hendro Prastyo, Tulus Supriyanto, and Subekti Subekti, “Pengaruh porting saluran intake dan exhaust terhadap kinerja kawasaki ninja 2 tak 150 cc,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 4, no. 1, pp. 11–17, 2023, doi: 10.37373/jttm.v4i1.357.
A. Mujib, A. Rijanto, and D. N. Zulfika, “Analisis Pengaruh Putaran Mesin Terhadap Tegangan Pengisian Baterai Pada Vario 150 cc,” Majamecha, vol. 2, no. 1, pp. 72–83, 2020, doi: 10.36815/majamecha.v2i1.738.
Dhysa Gitta Prasetya, “PERBANDINGAN UNJUK KERJA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR ANTARA MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI LIMITER DENGAN MOTOR YANG MEMPERGUNAKAN CDI UNLIMITER,” 2013.
S. P. Pratama, “Computational Fluid Dynamic ( CFD ) Analysis of Turbo Cyclone and Intake Manifold Spacer on Honda Supra Fit,” vol. 3, no. April, pp. 9–18, 2022.
I. Agus Wibowo, Mobil Listrik Dengan Baterai Lithium-Ion. 2021. [Online]. Available: https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/172
Bagas Imam Priambodo, Hilman Sholih, and Firmansyah Azharul, “PERHITUNGAN KOMPRESI TRANSMISI (CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION) PADA SEPEDA MOTOR MATIC 150 CC,” JTTM J. Terap. Tek. Mesin, vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.37373/jttm.v2i1.82.
J. Jama and Wagino, Teknik Sepeda Motor Jilid 2 untuk SMK, vol. 53, no. 9. 2008.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 METALIK : Jurnal Manufaktur, Energi, Material Teknik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.