PENGARUH PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI HABIT OF MIND MAHASISWA

Authors

  • Meyta Dwi Kurniasih Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Keywords:

REACT, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Habit of Mind

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa calon guru. Penelitian ini dilakukan di program studi Pendidikan Matematika Universtas Muhammadiyah Prof DR HAMKA. Desain penelitian yang digunakan adalah treatment by level 2x2, dengan variabel bebas adalah metode pembelajaran yaitu REACT dan konvensional, variabel terikat adalah kemampuan berpikir kritis matematis, dan variabel moderator adalah habit of mind. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Hasil penelitian ini ialah pertama pembelajaran REACT efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa sehingga metode ini dapat digunakan dalam perkuliahan Analisis Real bagi calon guru matematika. Kedua, pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa tergantung dengan habit of mind mahasiswa. Ketiga, perkuliahan dengan pembelajaran REACT mahasiswa yang memiliki habit of mind tinggi memiliki skor kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan perkuliahan konvensional. Uji selanjutnya diharapkan untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat untuk mahasiswa yang memiliki habit of mind rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meyta Dwi Kurniasih, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Dosen di Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Published

2017-04-30

How to Cite

Kurniasih, M. D. (2017). PENGARUH PEMBELAJARAN REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI HABIT OF MIND MAHASISWA. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 29–38. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/kalamatika/article/view/4628