Main Article Content

Abstract

Teknologi hingga detik ini berkembang dengan sangat pesat dan semakin canggih dimana peranannya memudahkan seluruh manusia dalam beraktivitas. Golden Rama adalah sebuah aplikasi pelayanan travelling berbasis Android dan iOS yang berisikan informasi terkait liburan ke seluruh dunia yang memiliki fitur booking tiket pesawat, hotel, promosi, acara, dan lain sebagainya. Dari 5 calon pengguna merasa kurang nyaman terutama saat melakukan booking tiket pesawat karena aspek visual dan aspek hirarki yang cukup fatal. Untuk itu diperlukan sebuah evaluasi dengan metode User Experience Questionnaire dan User Centered Design untuk mengumpulkan data pengguna dan merancang sebuah desain aplikasi. Sebelum dievaluasi, nilai akhir rata-rata pada UEQ Scales di setiap kelompoknya masing-masing 0,733 (Attractiveness), 0,750 (Perspicuity), 0,200 (Efficiency), 0,300 (Dependability), 0,550 (Stimulation), -0,100 (Novelty) dengan rata-rata keseluruhan yaitu 0,406 yang berarti masih di bawah rata-rata. Setelah dievaluasi, nilai akhir rata-rata pada UEQ Scales di setiap kelompoknya meningkat menjadi 1,700 (Attractiveness), 1,300 (Perspicuity), 1,750 (Efficiency), 1,750 (Dependability), 1,150 (Stimulation), 0,350 (Novelty) dengan rata-rata keseluruhan yaitu 1,333 yang berarti sudah mendapatkan nilai bagus.

Keywords

user experience questionnaire, user centered design, usability testing

Article Details

How to Cite
Mohammad Reza Saputra, & Mia Kamayani. (2022). Evaluasi dan Perancangan User Interface dan User Experience pada Aplikasi Golden Rama. Jurnal Teknik Informatika Dan Komputer, 1(1), 8–13. https://doi.org/10.22236/jutikom.v1i1.8738

References

  1. Adinegoro, A. L. T., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2018). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website E-commerce Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada Lazada.co.id, Blibli.com dan JD.id). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(11), 5862–5870.
  2. Coorevits, L., Schuurman, D., Oelbrandt, K., & Logghe, S. (2016). Bringing Personas To Life: User Experience Design through Interactive Coupled Open Innovation. Persona Studies, 2(1), 97–114. https://doi.org/10.21153/ps2016vol2no1art534
  3. Firmansyah, R. (2018). Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi Sipolin Provinsi JawaBarat. Swabumi, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1.3310 https://doi.org/10.1109/ICACSIS.2016.7872744
  4. Iqbal Yunus, A. (2018). Perancangan Desain User Interface dan User Experience Pada Aplikasi Siakad Dengan Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. 95. http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/3143/1/14410100068-2018- STIKOMSURABAYA.pdf
  5. Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. Jurnal Petik, 5(1), 11–24. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.489
  6. Razi, A. A., Mutiaz, I. R., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 03(02), 75–93.https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1549
  7. Yatana Saputri, I. S., Fadhli, M., & Surya, I. (2017). Penerapan Metode UCD (User Centered Design) Pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 269–278.https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i2.2017.269-278