Main Article Content

Abstract

Mobile Legends adalah permainan online bergaya MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton Developer. Game ini berupa aplikasi yang dapat diakses melalui ponsel android maupun IOS. Dalam Mobile Legends, pemain membentuk tim lima orang dan bersaing satu sama lain dalam pertempuran real-time. Setiap pemain memilih hero yang unik untuk dikendalikan, masing-masing dengan kemampuan dan gaya bermain mereka sendiri. Tujuan permainan ini adalah untuk menghancurkan markas musuh,  sambil mempertahankan markas anda sendiri. Hal itu merupakan kesempatan untuk membuat permainan dikenal dan sukses di pasar. Ada satu ilmu yang bisa menentukan permainan ini sukses dipasar, hal itu memiliki istilah pengalaman pengguna (User Experience). Pengalaman Pengguna (User Experience) adalah bagian yang sangat penting dalam pembuatan game. Pengalaman pengguna (User Experience) memiliki antarmuka pengguna (User Interface), antarmuka pengguna (User Interface) adalah ilmu yang mempelajari penampilan (Visualisasi). Untuk mengetahui apakah tampilan dari game Mobile Legend cukup baik, dilakukan analisis dengan menggunakan metode Cognitive Walkthrough. Metode Cognitive Walkthrough adalah suatu teknik evaluasi desain yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan yang mungkin dialami pengguna dalam menggunakan sebuah produk atau sistem. Metode ini merupakan metode yang tepat digunakan untuk penelitian jurnal ini dibandingkan metode yang lain. Tujuan dari adanya penelitian jurnal ini adalah membuktikan apakah permainan Mobile Legend mudah dipahami oleh pemain pemula.

Keywords

Mobile Legend, Metode Cognitive Walkthrough mobile legend, metode cognitive walkthrough, user interface, user experience

Article Details

How to Cite
Putra, I. N. T. A., Chandra, M., & Maharani, T. I. A. P. Y. (2023). Analisis User Experience Pada Game Mobile Legends Dengan Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough. Jurnal Teknik Informatika Dan Komputer, 2(2), 56–66. https://doi.org/10.22236/jutikom.v2i2.11922

References

Read More