Isi Artikel Utama

Abstrak

Proses monitoring dan mengukur kinerja dari suatu karyawan dan juga pengarsipan data penilaian
kinerja dosen dan tenaga kependidikan di UHAMKA selama ini untuk melakukan masih dilakukan
secara manual dalam bentuk kertas yang menyebabkan kurangnya efisiensi dalam
penyelengaraannya dan kendala utama yang dihadapi saat penyelenggaraan yaitu kurangnya
integrasi data. Untuk mengatasi masalah tersebut, pembuatan sistem informasi manajemen kinerja
dosen dan tenaga kependidikan berbasis Key Performance Indicator (KPI) dapat menjadi solusi
untuk memudahkan proses monitoring dan mengukur kinerja dosen dan tendik yang ada di
UHAMKA. Pembuatan sistem ini menggunakan metode Agile dengan framework scrum karena
scrum adalah metode pengembangan produk yang berfokus pada nilai bisnis dan memiliki
fleksibilitas yang tinggi untuk setiap kebutuhan yang bersifat dinamis dan berkelanjutan. Hasil dari
penelitian ini adalah memudahkan proses integrasi dan pengarsipan data serta membantu efisiensi
waktu dalam proses manajemen data KPI dosen dan tendik. Hasil dari survei kepuasan dan
keberhasilan pada sistem KPI secara keseluruhan mencapai 88% sehingga website ini dapat
memudahkan proses manajemen data KPI di UHAMKA.

Kata Kunci

Key Performance Indicator Scrum Assessment Management Key Performance Indicator Scrum Manajemen Penilaian

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Arya Haydari Ramadhan, Rahmad Perbani, A., Adi Samsul, M., Parshakh Nursyamsyi, F., & Rizal Dzikrillah, A. (2023). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KINERJA DOSEN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN BERBASIS KEY PERFORMANCE INDICATOR (KPI) STUDI KASUS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA. Jurnal Teknik Informatika Dan Komputer, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.22236/jutikom.v1i2.10897

Referensi

  1. Angelia, G., Sokibi, P., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Promotor Terhadap Product Knowledge Menggunakan Metode Key Performance Indicator (Studi Kasus : Pt. World Innovative Telecommunication). Jurnal Digit, 11(2), 144. https://doi.org/10.51920/jd.v11i2.200
  2. Bolung, M., & Tampangela, H. R. K. (2017). Analisa Penggunaan Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak. Jurnal ELTIKOM, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31961/eltikom.v1i1.1
  3. Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). IlmuKomputer.Com, 1–13. http://www.unej.ac.id/pdf/yanti-uml.pdf
  4. Ghufroni An, M., & Kurniawan, A. (2022). Sistem Informasi Manajemen Berbasis Key Performance Indicator (KPI) dalam Mengukur Kinerja Guru. Jdmsi, 3(1), 2775–9660.
  5. Halik, A. (2014). Kajian Pengembangan Kebijakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Melalui Perspektif Indikator Kinerja Utama (IKU). Jurnal Bina Praja, 06(01), 41–50. https://doi.org/10.21787/jbp.06.2014.41-50
  6. Helmud, E. (2021). Optimasi Basis Data Oracle Menggunakan Complex View Studi Kasus : PT. Berkat Optimis Sejahtera (PT.BOS) Pangkalpinang. Jurnal Informanika, 7(1), 80–86.
  7. Hoetamy, D. M., Nugroho, A., & Harris, A. (2020). Perancangan E-Learning Pada SMK Veteran Kota Jambi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Informatika, 2(2), 172–185. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/jimti/article/view/849
  8. Kadir, A. (2003). Pengenalan Sistem Informasi. Ikrar Mandiriabakti.
  9. Sintawati, I. D., & Puspitorini, I. (2021). Penerapan Agile Methode Berpola Scrum Dalam Ssistem Informasi Pengajuan Cuti Kerja Berbasis Web. 6(2), 186–195.
  10. Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.