Author Guidelines

Author Guidelines

  1. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP) menerima artikel hasil penelitian atau kajian analitis kritis (invited authors) dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan program  Word, huruf Times New Romanfont size12, menggunakan kertas A4 dengan batas atas, bawah, kiri, dan kanan masing-masing 2,5 cm.
  2. Naskah dikirim online melalui OJS Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP) di https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp.
  3. Semua penulis pada artikel harus dicantumkan/diketik pada OJS pada saat mengisi "authors' pada proses submit artikel.
  4. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Jarak antar baris 1,5 spasi. Tiap awal paragraf menjorok ke kanan sekitar 5 ketukan.
  5. Sistematika artikel hasil penelitian: Judul, Identitas Penulis (Nama, Instansi, dan Email), Abstrak disertaiKata Kunci, Pendahuluan, Metode, Hasil Penelitian, Pembahasan, Simpulan, dan
  6. Judul Artikel tidak lebih dari 14 kata, diketik di tengah-tengah (center), mengunakan Times New Romandengan ukuran huruf 14 pt, dan ditulis tebal (bold), dan Capitalize Each Word.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, maka semua nama penulis dicantumkan beserta instansi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Romandengan ukuran huruf 12 pt, dan ditulis tebal (bold). Sedangkan email yang dicantumkan hanya email penulis pertama atau penulis korespondensi.
  8. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris menggunakan 1 spasi disertai dengan 3-7 kata atau frasa Kata Kunci (ditulis alfabetik), menggunakan Times New Romandengan ukuran huruf 11 pt. Panjang abstrak Bahasa Indonesia antara 150-200 kata (abstrak Bahasa Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf yang memuat minimal tujuan, metode, dan hasil penelitian. Abstrak dan kata kunci yang diinput pada OJS adalah abstrak dan kata kunci dalam Bahasa Inggris.
  9. Pendahuluanpaling tidak memuat isu yang mendasari penelitian, respon terhadap isu, penelitian-penelitian sebelumnya, kebaruan penelitian, dan tujuan penelitian. Semua bagian pada pendahuluan ini dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf tanpa menulis subjudul. 
  10. Metodeberisi desain penelitian, prosedur penelitian, sumber data, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.
  11. Hasil Penelitian berisi paparan hasil penelitian yang telah diolah oleh penulis.
  12. Pembahasan berisi pembahasan hasil penelitian yang dijelaskan dan dianalisis secara mendalam bagaimana hasil penelitian memiliki dampak serta dikaitkan dengan teori atau hasil penelitian lain sehingga kelihatan kebaruan dari hasil penelitian tersebut.
  13. Simpulanberisi temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Simpulan dideskripsikan dalam paragraf, tidak menggunakan numbering dan bullet.
  14. Referensimemuat semua referensi yang diacu pada teks artikel yang diurutkan berdasarkan alfabet dan diketik 1 spasi. Referensi yang digunakan minimal 80% artikel pada jurnal. Penulis juga harus menginput semua referensi yang digunakan pada OJS. Penulisan kutipan dan referensi mengikuti aturan APA Style dan sebaiknya menggunakan Reference Manager seperti Mendeley. Berikut ini contoh penulisan referensi:

Buku (satu penulis)

McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House.

Buku (banyak penulis)

Larson, G. W., Ellis, D. C., & Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press.

Buku kumpulan artikel

Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design research from a learning design perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (Eds.), Educational design research (h. 17-51). New York: Routledge.

Artikel pada Jurnal Cetak

Gabbet, T., Jenkins, D., & Abernethy, B. (2010). Physical collisions and injury during professional rugby league skills training. Journal of Science and Medicine in Sport, 13(6), 578-583.

Artikel pada Jurnal Online (memiliki DOI)

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP), 2(1), 83-91. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179.

Artikel pada Jurnal Online Penulisnya 8 orang atau lebih (tidak memiliki DOI)

Crooks, C., Ameratunga, R., & Brewerton, M., Torok, M., Buetow, S., Brothers, S., ... Jorgensen, P. (2010). Adverse reactions to food in New Zealand children age 0-5 years. New Zealand Medical Journal, 123(1327). Diambil dari http://www.nzma.org.nz/journal/123-1327/4469.

Artikel pada Jurnal Online (diakses dari database, misalnya EBSCO, dll)

Marshall, M., Carter, B., Rose, K., & Brotherton, A. (2009). Living with type 1 diabetes: Perception of children and their parents. Journal of Clinical Nursing, 18(12, 1703-1710. Diambil dari http://www.wiley.com/bw/journal.asp?ref=0962-1062.

Prosiding

Williams, J., & Seary,K. (2010). Bridging the dividen: Scaffolding the learning experiences of the mature age student. Dalam J. Terrel (Ed), Making the links: learning, teaching and high quality student outcomes. Prosiding the 9th Conference of the New Zealand Association of Bridging Educators (hal. 104-116). Wellington, New Zealand.

Prosiding Online

Cannan, J. (2008). Using practice based learning at a dual-sector tertiary institution: A discussion of current practice. Dalam R. K. Coll, & K. Hoskyn (Eds), Working together: Putting the cooperative into cooperative Education. Conference Proceeding of the New Zealand Association for Cooperative Education, New Plymouth, New Zealand. Diambil dari http://www.nzace.ac.nz/conferences/papers/Proceedings_2008.pdf.

Dokumen Resmi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tentang Pendidikan Tinggi. (2012). Jakarta: Kemdikbud.

Skripsi, Tesis, Disertasi

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente.

Internet

OECD. (2010). PISA results: What makes a school successful? Diambil dari http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf.

  1. Pengutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan APA Style.
  2. Menggunakan Reference Managerdalam mengelola referensi dan pengutipan seperti Mendeley, EndNote, dan lain-lain.
  3. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel pada Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan (JPPP).
  4. Menghindari duplikasi, pabrikasi, falsifikasi, dan plagiarisme.
  5. Penulis melampirkan Surat Pernyataan Klirens Etikpada tahap ke-4 proses submit artikel. 
  6. Semua sesuatu yang terkait dengan perizinan pengutipan atau yang lainnya yang terkait dengan HaKI yang dilakukan oleh penulis, termasuk konsekuensi hukum yang mungkin muncul karenya, adalah menjadi tanggung jawab penuh penulis.