Main Article Content

Abstract

Maharah kitabah merupakan kemahiran dasar dalam ilmu bahasa sebab salah satu fungsi pembelajaran bahasa arab adalah agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya suatu (ketrampilan menulis) siswa pada mata pelajaran bahasa arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan penerapan maharah kitabah di MTS Putra Putri Simo Lamongan. Untuk mengetahui pengaruh metode Scramble di MTS Putra Putri Simo Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen yang diberi perlakuan metode scramble dan kelompok kontrol yang tidak di beri perlakuan metode scramble. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus statistika deskriptif dan uji prasyaratan analisis meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi 0,05 maka diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu 3.49 ≥ 2,01. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode scramble untuk meningkatkan kemampuan maharah kitabah bahasa arab peserta didik kelas VIII MTS Putra Putri Simo Lamongan.

Article Details

How to Cite
nikmah, khoirotun nikmah, & Sari, L. K. . (2022). PENGARUH METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH KITABAH BAHASA ARAB KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH MTS PUTRA PUTRI SIMO LAMONGAN. Riyahuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(02), 25–40. https://doi.org/10.22236/jpba/2019153