Hubungan Kecanduan Internet dengan Prestasi Belajar Siswa-siswi SMP X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecanduan internet dengan prestasi belajar siswa-siswi SMP X. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI dan VII berjumlah 252 orang (120 laki-laki, 132 perempuan, dengan rentan usia 12-14 tahun). Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan Skala Kecanduan Internet dari Kuss dkk (2014) dengan reliabilitas 0,7 untuk mengukur kecanduan internet dan nilai rapor untuk mengukur prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan Product Moment Correlation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara kecanduan internet dengan prestasi belajar pada siswa siswi SMP X (r = -0,096, p = 0,129). Hasil uji korelasi dari per-mata pelajaran dengan kecanduan internet menununjukkan adanya hubungan negatif pada mata pelajaran Agama & Budi Pekerti (r = -0,144, p= 0,022) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (r = -0,154, p = 0,014), sedangkan mata pelajaran lain tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan kecanduan internet.
Abstract. This research aimed to determine the relationship between internet addiction and learning achievements of junior high school students. The participants in this study were 252 students at grade VI and VII, consisted of 120 males, 132 females, aged 12-14 years old. Data collection used the Internet Addiction Scale by Kuss et al (2014) (ï¡ = 0,7) to measure internet addiction and school academic report to measure learning achievement. Data were analyzed using Product Moment Correlation. The results showed relationship between internet addiction and learning achievement was not significant (r = -0,096, p = 0,129). On the other hand, there was significant relationship between internet addiction towards some material subjects such as Religion & Character Subject (r= -0,144; p= 0,022) and Social Sciences Subject (r= -0.154; p= 0.014).