Gambaran Pola Identifikasi Generasi Milenial Dalam Memilih Tokoh Politik Melalui Media Sosial

Tereni Andriyani, Sofia Zahra, Dian Daru Swasti

Abstract

Dengan penyebaran informasi yang cepat, media sosial dapat dijadikan sebuah alat untuk menyampaikan suatu nilai dari pihak tertentu dalam jumlah masif. Media sosial dapat menjadi sebuah alat bagi generasi milenial mengenal lebih jauh tokoh politik. Belum banyak penelitian yang mengeksplorasi pola identifikasi generasi milenial dalam memilih tokoh politik melalui media sosial.  Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses generasi milenial mengenal lebih jauh dalam mengidentifikasi tokoh politik lewat media sosial, yang akhirnya akan mempengaruhi partisipan politik. Metode yang digunakan adalah kualitatif yang melibatkan 10 orang responden dengan usia 18–25 tahun. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi dan wawancara terstruktur. Pola identifikasi yang dilakukan memperlihatkan beberapa aspek penting yang akan didalami lebih jauh, yaitu cara kerja, karakter, latar belakang calon politik dan kontribusi terhadap masyarakat. Dari hal tersebut dapat disimpulkan citra diri dan rekam jejak dari tokoh politik dalam media sosialnya sangat penting dalam menarik perhatian pemilih muda.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Tereni Andriyani
tereniandriyani@uhamka.ac.id (Primary Contact)
Sofia Zahra
Dian Daru Swasti
Andriyani, T., Zahra, S., & Swasti, D. D. (2017). Gambaran Pola Identifikasi Generasi Milenial Dalam Memilih Tokoh Politik Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmiah Penelitian Psikologi, 3(2), 69–81. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jipp/article/view/9221
Copyright and license info is not available

Article Details