E EFEKTIVITAS PELATIHAN “POSITIVE PERSONAL JUDGEMENT” TERHADAP PENINGKATAN SELF-ESTEEM PADA REMAJA PANTI ASUHAN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan “Positive Personal Judgement” terhadap peningkatan self-esteem pada remaja yang tinggal di panti asuhan. Self-esteem remaja yang telah mengikuti pelatihan self-esteem lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan self-esteem. Pengujian efektivitas dari penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test dari skala self-esteem yang disusun berdasarkan aspek-aspek self-esteem dari Coopersmith: kekuatan, keberartian, kebajikan dan kemampuan individu. Data penelitian ini akan disajikan dalam bentuk kuantitatif dan dianalisis dengan metode statistik non-parametrik berupa tes ranking-bertanda wilcoxon. Dari hasil tes ranking-bertanda wilcoxon menunjukan nilai Z wilcoxon sebesar -4,246 dengan p=0,000 (p<0,05) dengan mean pre-test = 12,09 dan mean post-test = 18,13, maka terjadi perbedaan antara nilai pre-test dan nilai post-test, nilai post-test lebih rendah dibandingkan dengan nilai pre-test. Dapat disimpulkan bahwa self-esteem remaja yang telah mengikuti pelatihan peningkatan self-esteem lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan peningkatan self-esteem.