Main Article Content

Abstract

Pendidikan adalah suatu kekuatan terbesar untuk menciptakan suatu masa depan yang lebih baik dari hari ini. Pendidikan sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang penting untuk dipelajari untuk meningkatkan dan menjaga semangat nasionalisme para generasi bangsa. Kesadaran sejarah dipicu dari proses pembelajaran sejarah, namun demikian kenyataan bahwa adanya tenaga pendidik sejarah yang tidak berasal dari latar pendidikan yang sesuai dapat menjadikan salah satu faktor utama dalam permasalahan peningkatan minat sejarah bangsa Indonesia pada masa kini. Atas permasalahan tersebut penulis akan membahas dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sebagai penunjang penulisan. Artikel ini bertujuan untuk membahas strategi dan konsep pembelajaran sejarah yang ideal guna merevitalisasikan kualitas pendidik dan peserta didik dalam cabang ilmu kesejarahan. Serta untuk meningkatkan kesadaran sejarah masyarakat Indonesia tentang arti penting mempelajari sejarah untuk mengenal identitas kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Dengan memperhatikan lebih pada tenaga pendidik dapat mengubah paradigma tentang pembelajaran sejarah yang tidak menarik menjadi sebuah pembelajaran yang memiliki nilai – nilai moral tentang bangsa ini, diharapkan pembelajaran sejarah akan kembali menjadi salah satu prioritas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mempelajari sejarah. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini berupa problematika pembelajaran sejarah di sekolah atau berbagai hal yang menjadi penghambat pembelajaran sejarah di suatu sekolah serta pembelajaran sejarah yang ideal.

Keywords

Educator History Student

Article Details

References

  1. Amelia, C. A. (2015). Peranan Pembelajaran Sejarah Dalam Penanaman Sikap Nasionalisme Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Pecangaan. Indonesian Journal of History Education, 3(2), 47–54.
  2. Hardjasaputra, A. S. (2015). Sejarah Dan Pembangunan Bangsa. Jurnal Artefak, Vol 3(1), 1–4.
  3. Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1). https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875
  4. Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146
  5. Helaluddin. (2017). Mengenal Lebih dekat dengan Pendekatan Fenomenologi: Sebuah Penelitian Kualitatif. Retrieved from https://www.google.com/search?q=fenomenologi+mengkaji+tentang&rlz=1C1CHBD_idID925ID925&oq=fenomenologi+mengkaji+tentang&aqs=chrome..69i57j0i333l3.5245j0j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8
  6. Jenoche. (2021). Sepi Peminat, Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah Terbuka Lebar.
  7. Kuntowijoyo. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah (Cetakan 1). Yogyakarta: Tiara Wacana.
  8. Nur Aminah, A. (2015). Banyak Guru tak Sesuai Kompetensinya. Retrieved July 29, 2021, from Republika.co.id website: https://republika.co.id/amp/nlpfgp16
  9. Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222455-kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pa.pdf
  10. Rosihuddin, M. (2015). Pengertian Problematika Pembelajaran. Retrieved July 28, 2021, from Banjir Embun website: https://www.banjirembun.com/2012/11/pengertian-problematika pembelajar an html
  11. Sayono, J. (2013). Pemelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Sejarah Dan Budaya, 07(01), 9–17.
  12. Slamento. (2014). Permasalahan-Permasalahan terkait dengan Profesi Guru SD. Scholaria, 4(3), 1–12.
  13. Surakhmad, W. (2009). Pendidikan Nasional: Strategi dan Tragedi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
  14. Warto. (2017). Menumbuhkan Kesadaran Sejarah Genarasi Muda. Diskusi Sejarah UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://pendidikan-sejarah.fis.uny.ac.id/sites/pendidikan-sejarah.fis.uny.ac.id/files/KESADARAN SEJARAH GENERASI MUDA.pdf
  15. Widja, I. G. (2018). Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 117–134. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p117