Main Article Content

Abstract

Pendidikan adalah suatu kekuatan terbesar untuk menciptakan suatu masa depan yang lebih baik dari hari ini. Pendidikan sejarah adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial yang penting untuk dipelajari untuk meningkatkan dan menjaga semangat nasionalisme para generasi bangsa. Kesadaran sejarah dipicu dari proses pembelajaran sejarah, namun demikian kenyataan bahwa adanya tenaga pendidik sejarah yang tidak berasal dari latar pendidikan yang sesuai dapat menjadikan salah satu faktor utama dalam permasalahan peningkatan minat sejarah bangsa Indonesia pada masa kini. Atas permasalahan tersebut penulis akan membahas dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sebagai penunjang penulisan. Artikel ini bertujuan untuk membahas strategi dan konsep pembelajaran sejarah yang ideal guna merevitalisasikan kualitas pendidik dan peserta didik dalam cabang ilmu kesejarahan. Serta untuk meningkatkan kesadaran sejarah masyarakat Indonesia tentang arti penting mempelajari sejarah untuk mengenal identitas kita sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Dengan memperhatikan lebih pada tenaga pendidik dapat mengubah paradigma tentang pembelajaran sejarah yang tidak menarik menjadi sebuah pembelajaran yang memiliki nilai – nilai moral tentang bangsa ini, diharapkan pembelajaran sejarah akan kembali menjadi salah satu prioritas pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran untuk mempelajari sejarah. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini berupa problematika pembelajaran sejarah di sekolah atau berbagai hal yang menjadi penghambat pembelajaran sejarah di suatu sekolah serta pembelajaran sejarah yang ideal.

Keywords

Educator History Student

Article Details

References

Read More