Main Article Content

Abstract

This study aims to analyze the application of the implementing the Picture and Student Active (PASA) learning model in increasing learning motivation of learning history in Class X IPS 2 SMAN 1 Barru. This research is a Classroom Action Research using qualitative and quantitative data analysis. This study shows that there are increases in students' historical learning motivation after apply PASA learning model, namely in Cycle I it shows that the average score of students' learning motivation is 67.47% which is in the medium category, while in Cycle II shows the average score of students' learning motivation of 80.88% which is in the high category. So, it can be concluded that the application of the PASA learning model can increase the learning motivation of Class X IPS 2 SMAN 1 Barru students.


 


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Picture and Student Active (PASA) dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran sejarah Kelas X IPS 2 SMAN 1 Barru. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran PASA, yaitu pada Siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 67,47% yang berada pada kategori sedang, sedangkan pada Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 80,88% yang berada pada kategori tinggi. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PASA dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik Kelas X IPS 2 SMAN 1 Barru.

Keywords

PASA Motivasi Belajar Pembelajaran Sejarah

Article Details

References

  1. Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21: Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. CHRONOLOGIA, 2(1), 30–35.
  2. Absor, N. F., Umasih, U., & Kurniawati, K. (2019). Pembelajaran Sejarah di SMK Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p059
  3. Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.30595/jkp.v3i2.643
  4. Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Hendriana, H. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: Rajawali Pers.
  7. Joebagio, H. (2017). Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Jakarta: Rajawali Pers.
  8. Malik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  9. Nasution, S. (2016). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
  10. Nurhanuddin. (2016). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Model Pictures and Student Active (PASA). Universitas Negeri Makassar.
  11. Purwanto, M. N. (2008). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  12. Ratumanan. (2015). Inovasi Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.
  13. Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). Kencana.
  14. Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 30. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
  15. Sayono, J. (2013). Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis Ke Idealis. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 7(1), 9–17. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4733
  16. Setyastuti, R. (2017). PENERAPAN METODE PaSA ON BOARD STORIES AND PICTURE STORIE PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 3(4), 461–471.
  17. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
  18. Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
  19. Suyuti, S., & Ervina, E. (2020). Pengaruh Motivasi terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMAN 1 Palu. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 145–152.
  20. Uno, H. B. (2007). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.