Main Article Content

Abstract

Melihat sejarah pendidikan Islam di Indonesia terlihat bahwa perkembangannya telah dimulai sejak masuknya Islam ke Indonesia yang diperkirakan pada abad ke 12 Masehi. Muhammadiyah hadir sebagai pelopor, mempunyai andil besar sebagai peletak dasar integrasi antara pendidikan pesantren yang bercorak keagamaan dengan pendidikan umum, yang pada masanya didominasi oleh orang Belanda. Hal tersebut tidak terlepas dari falsafah ajaran Kyai Ahmad Dahlan. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis falsafah ajaran Kyai Ahmad Dahlan dan etos pendidikan Muhammadiyah untuk pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen kajian dokumen. Hasilnya ditemukan bahwa terdapat praktik-praktik dalam dunia pendidikan Indonesia yang mencerminkan tujuh falsafah ajaran Kyai Dahlan, yaitu: (1) berlandaskan pada tujuan hidup; (2) tidak sombong; (3) tidak taqlid; (4) mengoptimalkan akal; (5) berani untuk kebenaran; (6) berkorban untuk orang banyak; dan (7) adanya kombinasi pengehuan/teori dengan praktik (ilmu amaliyah).  Ketujuh falsafah tersebut, menjadi penting sebagai acuan role model pendidikan di Indonesia yang bukan hanya berorientasi keduniawian, namun juga ada jangka panjang akhirat, dan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai kebenaran. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia harus diorientasikan pada proses menciptakan manusia yang "Kyai yang berkemajuan” atau orang yang intelek-ulama atau ulama yang intelek.

Keywords

Falsafah Ajaran Kyai Ahmad Dahlan Pendidikan Indonesia

Article Details

References

    Abdullah, M. A. (2000). Muhammadiyah's Experience in Promoting A Civil Society dalam Profetika. Jurnal Studi Islam, 2(1).
    Ali, M. (2016). MEMBEDAH TUJUAN PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH. Profetika: Jurnal Studi Islam. https://doi.org/10.23917/profetika.v17i01.2099
    Aslan, A. (2018). Dinamika Pendidikan Islam di Zaman Penjajahan Belanda. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), Volume 6 (, 39–50. https://doi.org/10.21093/sy.v6i1.1024
    H.A.R., & Gibb. (1993). Aliran-aliran Moderen dalam Islam, terjemahan Machnun Husein. Citra Niaga Rajawali Pers.
    K.H. Syuja'. (2009). Islam Berkemajuan Kisah Perjuangan K.H. Ahmad Dahlan dan Muhammadiyah Masa Awal. Al-Wasat.
    K.R.H. Hajid. (2005). Pelajaran K.H. A. Dahlan 7 Falsafah Ajaran dan 17 Kelompok Ayat Al-Quran. UMM Press.
    Khoiruddin., Z. B. dan A. (2017). Etika Muhammadiyah dan Spirit Peradaban. Suara Muhammadiyah.
    M. Yunan Yusuf, E. al. (2005). Ensiklopedi Muhammadiyah. Raja Grafindo Persada dan Dikdasmen PP. Muhammadiyah.
    Maarif, A. S. (2000). "Revitalisasi Ideologi Gerakan Muhammadiyah,” Rekonstruksi Gerakan Muhammadiyah pada Era Multiperadaban (D. Edy & M. D. H. dan S. S. (penyunting) Suandi Hamid (eds.)). UII Press.
    Muhammad Hasan, D. (2016). Peranan Ulama Banjar Abad Ke-20 dalam Tradisi Penulisan Hadis Arba'in di Banjar dan Malaysia. Al-Banjari; Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 15(2), 4. file:///C:/Users/Ahmad Ruslan/Downloads/1024-4073-1-PB.pdf
    Mulkhan, A. M. (1990). Pemikiran Kyai Haji Ahmad Dahlan, Muhammadiyah dalam Perspektif Perubahan Sosial (Cetakan 1). Bumi Aksara.
    Ni'mah, Z. A. (2014). PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF KH. AHMAD DAHLAN (1869-1923 M) DAN KH. HASYIM ASY'ARI 1871-1947) M): Study Komparatif dalam Konsep Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia. Didaktika Religia. https://doi.org/10.30762/didaktika.v2i1.136
    Prodjo, W. A. (2020). Apa itu Belajar dari Rumah? Melihat Kembali Konsep Awal... Kompas.Com.
    Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
    Suwarno, S. (2019). KELAHIRAN MUHAMMADIYAH DARI PERSPEKTIF HERMENEUTIK. SASDAYA: Gadjah Mada Journal of Humanities. https://doi.org/10.22146/sasdayajournal.43886
    Umar, B. (2010). Ilmu Pendidikan Islam (Cetakan 1). Amzah.
    Wirjosukarto, A. H. (1962). Pembaharuan pen-didikan dan pengajaran Islam yang diselenggarakan oleh pergerakan Muhammadiyah. Penyelenggara publikasi pebaharuan pendidikan/pengajaran Islam.
    Yunus, M. (1960). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Pustaka Mahmudah.