Main Article Content
Abstract
Islamic worldview merupakan suatu pendekatan sudut pandang Islam yang dapat digunakan dalam pembelajaran khususnya sejarah. Pembahasan sejarah dengan menggunakan sudut pandang Islam akan memberikan perspektif baru pada wawasan kesejarahan khususnya Sejarah Indonesia. Belum adanya buku yang dapat digunakan pada pembelajaran sekolah dengan pendekatan sudut pandang Islam membuat buku ini menarik untuk dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti sudut pandang Islam pada buku Sejarah Indonesia Perspektif Baru Jilid 2 Bab Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Kolonialisme. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi dengan melihat teks pada buku tersebut untuk menemukan temuan baru. Hasil dari penelitian ini adalah buku Sejarah Indonesia Perspektif Baru Jilid 2 telah menggunakan sudut pandang Islam pada penulisan sejarahnya. Hal ini ditunjukkan pada topik Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme yang digerakkan oleh para ulama dan sultan kerajaan dengan berlandaskan semangat jihad. Buku sejarah Indonesia Perspektif Baru ini dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah yang berasaskan Islam maupun untuk memperkaya pengetahuan tentang Sejarah Indonesia.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
- Abd, R., Peneliti, J., & Ta’, S. (2019). A BRIEF OVERVIEW OF THE ISLAMIC WORLDVIEW AS THE MANIFESTATION OF AL-TAWḤĪD. In Jurnal Studi Islam & Peradaban (Vol. 14, Issue 01).
- Abdulaziz, Moch. Fahmi, Tandiyo Rahayu, Setya Rahayu, “Analisis Isi (Content Analysis) Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas VIII di Kota Semarang,” Jurnal of Physical Education and Sports Vol 3 No. 1 2014
- Anam, S., & Munandar, A. (2019). 43 ISLAMIC WORLDVIEW DI DUNIA PENDIDIKAN. In Listiatul Wahada (Vol. 1, Issue 1).
- Bagus, Lorens, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Cet ke-6, 2005)
- Bachtiar, Tiar Anwar, dkk., ”Sejarah Nasional Indonesia Perspektif Baru jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/sederajat.” (Jakarta: Andalusia Islamic Education & Management Services, 2011)
- Bachtiar, Tiar Anwar, “Memahami Sejarah Islam di Indonesia”, https://www.academia.edu/17303963/Memahami_Sejarah_Islam_di_Indonesia diakses pada 30 Januari 2023
- Barontuko, “Polemik dan Hikmah Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah”, https://kumparan.com/maulano-barontuko/polemik-dan-hikmah-kurikulum-merdeka-pada-mata-pelajaran-sejarah-1zU4FQLABF2/full diakses pada 30 Januari 2023
- Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KEBANGSAAN YOGYAKARTA. Jurnal Istoria (Vol 10, No. 2)
- Ghuci, I., & Citra Dewi Kurnia Wahyu, I. (2019). NATIONS AND NATIONALISM IN HISTORY TEXTBOOKS OF INDONESIA FOR HIGH SCHOOL GRADE XI (Vol. 22, Issue 2).
- Hadi, F. S., Sani, H., & Allaham, N. R. K. (2021). The History of Worldview in Secular, Christian, and Islamic Intellectual Discourse. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5 (1), 49. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v5i1.5325
- Hasan, Nur. (2014). Kritik Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap Western Worldview. Maraji: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 1, No. 1)
- Hayah, U. K., Winarti, M., & Mulyana, A. (2023). Multiculturalism Values: Content Analysis of History Textbook. 3(1). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/unclle
- Hasan, Nur. (2014). “Kritik Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap Western Worldview.” Maraji: Jurnal Studi Keislaman (Vol 1 No.1)
- Hidayatullah, P. (2022). Kolonialisme dan Pemberontakan di Asia Tenggara | 132 COLONIALISM AND PEASANT RESISTANCE IN SOUTHEAST ASIA. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 3(1), 132–147.
- Hutagaluh, Oskar, dkk. (2023). Refleksi Terhadap Penjajahan Bangsa Barat dan Perjuangan Kemerdekaan Negara-Negara Islam. Journal of Islamic Studies (Vol. 3 No. 2)
- Jambak, Fabian Fadhly , “Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah”, Jurnal Theologia Vol 28 No.2 Desember 2017
- Kriyantono, Rachmat, “Teknis Praktis Riset Komunikasi”, (Jakarta: Kencana Penada Media Group, 2010)
- Kiftiawati, & Nasrullah. (2019). ANALISIS NEW HISTORICISM NOVEL SENOPATI AWANG LONG KARYA HERMAN SALAM. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 256–272. Retrieved from https://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti/article/view/20Krippendorff, Klaus. (2004). Content analysis : an introduction to its methodology. Sage.
- Mardiani, N., Winarsih, M., & Negeri Jakarta, U. (2019). Materi Sejarah Masa Hindu-Buddha dan Penggunaan Sumber Belajar Sejarah dalam Pembelajarannya di SMK. Jurnal Tamaddun (Vol. 7, Issue 02).
- Marthinus, D., Negeri, I., & Kalijaga, S. (2020). HINDU-BUDDHA: CARA MASYARAKAT NUSANTARA DALAM BERSPIRITUAL SEBELUM DATANG ISLAM (Vol. 5). https://mail.google.com/mail/u/0/#inbox?projector=1
- Mujahid, K., & Miftahurohman, M. (2025). Konsep Islamic Worldview dan Implementasinya dalam Kehidupan Modern. TSAQOFAH, 5(2), 1535–1550. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i2.4868
- Maulia, Siti Tiara, dkk. (2022). Jejak Perkembangan Islam pada Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi (Vol. 2, No. 2)
- Nurul Izza, Risma, H. Y. S. P. T. N. (2022). ISLAMIC WORLDVIEW. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5m(1), 125–134. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v5i1.19
- Pratiwi, Herdina. (2020). Westernisasi Ilmu Dalam Islamic Worldview. Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 15 No.1) https://doi.org/10.19105/tjpi
- Printina, B. I. (2019). QUOTES BUDI UTOMO SEBAGAI SARANA PENGUAT KESADARAN NASIONAL. Jurnal Artefak, 6 (1), 1. https://doi.org/10.25157/ja.v6i1.2043
- Purnamasari, I., Rambe, T., Elfi, J., Purba, B., Adinda, D., Waldano, M., & Sejarah, P. (2024). Perang Aceh Perlawanan terhadap Kolonialisasi Belanda Aceh War Resistance Against the Colonialization of the Netherlands. In Public Service And Governance Journal (Vol. 5, Issue 2).
- Putri, S. K., Abdulatif, S., & Rustini, T. (2022). Analisis Konsep Sejarah Masa Penjajahan Bangsa Eropa pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 407–416.
- Roring Frangky P. (2020). Kolonialisme, Genosida, dan Pembentukan Negara Demokrasi Baru. In Jurnal Commitarian (Vol.2, No.2)
- Rozali, Yuli Asmi, “Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik”, Jurnal Forum Ilmiah Vol 19 No.1 Januari 2022
- Sam Wineburg, “Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu”, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006)
- Saiful Anwar, H., Al Baqi, S., & Yusron, M. A. (2021). Understanding of Islamic Worldview as Basis for Islamization of Science. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 581, Proceedings of the 1st International Conference of Education, Social and Humanities (INCESH 2021).
- Saribunga & Hasaruddin. (2024). Perlawanan Umat Islam Terhadap Penjajahan di Indonesia. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam (Vol. 1, No.3).
- Sarjuni. (2019). ISLAMIC WORLDVIEW DAN LAHIRNYA TRADISI ILMIAH DI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM. In Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam | (Vol. 11, Issue 2).
- Sartika, R., Rohmah, A., & Habibah, N. (2022). Islamic Worldview dan Urgensinya. Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (Vol. 01, No. 02) https://doi.org/10.38073/adabuna
- Sidik Humar. (2020), Christiaan Snouck Hurgornje dalam Dinamika Islam di Aceh Pada Masa Kolonial Belanda. Jurnal Artefak (Vol 7, No. 1)
- Sumarno, “Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra”, Jurnal Elsa Vol 18, No.2 September 2020
- Wahid, M. H., & Suyanto, H. (2023). Perang Diponegoro sebagai tendangan bola salju kemerdekaan indonesia. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 12(2), 211-218. https://doi.org/10.17509/factum.v12i2.63898.Pratiwi, H. (n.d.).
- Wardhana & Samsiyah. (2019). CONTENT ANALYSIS OF HIGH SCHOOL HISTORY TEXTBOOK FROM. Jurnal Historika (Vol. 22 No. 2)
- White, M. D., & Marsh, E. E. (2006). Content analysis: A flexible methodology. Library Trends, 55(1), 22–45. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0053
- Yani, A. (2018). Dampak Perang Makassar Abad XVII-XVIII. In Jurnal Rihlah (Vol. 06, Issue 01).
- Yasin, Hadi, dkk. (2022). ISLAMIC WORLDVIEW. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam.
- Zakaria, Jacky & Muhammad Irfan Wahid, “Sejarah Islam Indonesia dalam Perspektif Hamka”, Jurnal IAIN Palangkaraya Vol 1 No.2 Desember 2020
- Zarkasyi, Hamid Fahmy, dalam pengantar M. Kholid Muslih, dkk, “Worldview Islam Pembahasan tentang Konsep-Konsep Penting dalam Islam.” (Jawa Timur: Universitas Darussalam (Unida) Gontor, 2018)
References
Abd, R., Peneliti, J., & Ta’, S. (2019). A BRIEF OVERVIEW OF THE ISLAMIC WORLDVIEW AS THE MANIFESTATION OF AL-TAWḤĪD. In Jurnal Studi Islam & Peradaban (Vol. 14, Issue 01).
Abdulaziz, Moch. Fahmi, Tandiyo Rahayu, Setya Rahayu, “Analisis Isi (Content Analysis) Buku Sekolah Elektronik (BSE) Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Kelas VIII di Kota Semarang,” Jurnal of Physical Education and Sports Vol 3 No. 1 2014
Anam, S., & Munandar, A. (2019). 43 ISLAMIC WORLDVIEW DI DUNIA PENDIDIKAN. In Listiatul Wahada (Vol. 1, Issue 1).
Bagus, Lorens, Kamus Filsafat (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Cet ke-6, 2005)
Bachtiar, Tiar Anwar, dkk., ”Sejarah Nasional Indonesia Perspektif Baru jilid 2 untuk SMA/MA/SMK/sederajat.” (Jakarta: Andalusia Islamic Education & Management Services, 2011)
Bachtiar, Tiar Anwar, “Memahami Sejarah Islam di Indonesia”, https://www.academia.edu/17303963/Memahami_Sejarah_Islam_di_Indonesia diakses pada 30 Januari 2023
Barontuko, “Polemik dan Hikmah Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Sejarah”, https://kumparan.com/maulano-barontuko/polemik-dan-hikmah-kurikulum-merdeka-pada-mata-pelajaran-sejarah-1zU4FQLABF2/full diakses pada 30 Januari 2023
Fimansyah, W., & Kumalasari, D. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KEBANGSAAN YOGYAKARTA. Jurnal Istoria (Vol 10, No. 2)
Ghuci, I., & Citra Dewi Kurnia Wahyu, I. (2019). NATIONS AND NATIONALISM IN HISTORY TEXTBOOKS OF INDONESIA FOR HIGH SCHOOL GRADE XI (Vol. 22, Issue 2).
Hadi, F. S., Sani, H., & Allaham, N. R. K. (2021). The History of Worldview in Secular, Christian, and Islamic Intellectual Discourse. Tasfiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5 (1), 49. https://doi.org/10.21111/tasfiyah.v5i1.5325
Hasan, Nur. (2014). Kritik Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap Western Worldview. Maraji: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 1, No. 1)
Hayah, U. K., Winarti, M., & Mulyana, A. (2023). Multiculturalism Values: Content Analysis of History Textbook. 3(1). http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/unclle
Hasan, Nur. (2014). “Kritik Islamic Worldview Syed Muhammad Naquib Al-Attas terhadap Western Worldview.” Maraji: Jurnal Studi Keislaman (Vol 1 No.1)
Hidayatullah, P. (2022). Kolonialisme dan Pemberontakan di Asia Tenggara | 132 COLONIALISM AND PEASANT RESISTANCE IN SOUTHEAST ASIA. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 3(1), 132–147.
Hutagaluh, Oskar, dkk. (2023). Refleksi Terhadap Penjajahan Bangsa Barat dan Perjuangan Kemerdekaan Negara-Negara Islam. Journal of Islamic Studies (Vol. 3 No. 2)
Jambak, Fabian Fadhly , “Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah”, Jurnal Theologia Vol 28 No.2 Desember 2017
Kriyantono, Rachmat, “Teknis Praktis Riset Komunikasi”, (Jakarta: Kencana Penada Media Group, 2010)
Kiftiawati, & Nasrullah. (2019). ANALISIS NEW HISTORICISM NOVEL SENOPATI AWANG LONG KARYA HERMAN SALAM. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni (Sesanti), 256–272. Retrieved from https://eprosiding.fib-unmul.id/index.php/sesanti/article/view/20Krippendorff, Klaus. (2004). Content analysis : an introduction to its methodology. Sage.
Mardiani, N., Winarsih, M., & Negeri Jakarta, U. (2019). Materi Sejarah Masa Hindu-Buddha dan Penggunaan Sumber Belajar Sejarah dalam Pembelajarannya di SMK. Jurnal Tamaddun (Vol. 7, Issue 02).
Marthinus, D., Negeri, I., & Kalijaga, S. (2020). HINDU-BUDDHA: CARA MASYARAKAT NUSANTARA DALAM BERSPIRITUAL SEBELUM DATANG ISLAM (Vol. 5). https://mail.google.com/mail/u/0/#inbox?projector=1
Mujahid, K., & Miftahurohman, M. (2025). Konsep Islamic Worldview dan Implementasinya dalam Kehidupan Modern. TSAQOFAH, 5(2), 1535–1550. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v5i2.4868
Maulia, Siti Tiara, dkk. (2022). Jejak Perkembangan Islam pada Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah FKIP Universitas Jambi (Vol. 2, No. 2)
Nurul Izza, Risma, H. Y. S. P. T. N. (2022). ISLAMIC WORLDVIEW. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 5m(1), 125–134. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v5i1.19
Pratiwi, Herdina. (2020). Westernisasi Ilmu Dalam Islamic Worldview. Tadris Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 15 No.1) https://doi.org/10.19105/tjpi
Printina, B. I. (2019). QUOTES BUDI UTOMO SEBAGAI SARANA PENGUAT KESADARAN NASIONAL. Jurnal Artefak, 6 (1), 1. https://doi.org/10.25157/ja.v6i1.2043
Purnamasari, I., Rambe, T., Elfi, J., Purba, B., Adinda, D., Waldano, M., & Sejarah, P. (2024). Perang Aceh Perlawanan terhadap Kolonialisasi Belanda Aceh War Resistance Against the Colonialization of the Netherlands. In Public Service And Governance Journal (Vol. 5, Issue 2).
Putri, S. K., Abdulatif, S., & Rustini, T. (2022). Analisis Konsep Sejarah Masa Penjajahan Bangsa Eropa pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(01), 407–416.
Roring Frangky P. (2020). Kolonialisme, Genosida, dan Pembentukan Negara Demokrasi Baru. In Jurnal Commitarian (Vol.2, No.2)
Rozali, Yuli Asmi, “Penggunaan Analisis Konten dan Analisis Tematik”, Jurnal Forum Ilmiah Vol 19 No.1 Januari 2022
Sam Wineburg, “Berpikir Historis: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu”, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2006)
Saiful Anwar, H., Al Baqi, S., & Yusron, M. A. (2021). Understanding of Islamic Worldview as Basis for Islamization of Science. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 581, Proceedings of the 1st International Conference of Education, Social and Humanities (INCESH 2021).
Saribunga & Hasaruddin. (2024). Perlawanan Umat Islam Terhadap Penjajahan di Indonesia. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam (Vol. 1, No.3).
Sarjuni. (2019). ISLAMIC WORLDVIEW DAN LAHIRNYA TRADISI ILMIAH DI INSTITUSI PENDIDIKAN ISLAM. In Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam | (Vol. 11, Issue 2).
Sartika, R., Rohmah, A., & Habibah, N. (2022). Islamic Worldview dan Urgensinya. Adabuna: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran (Vol. 01, No. 02) https://doi.org/10.38073/adabuna
Sidik Humar. (2020), Christiaan Snouck Hurgornje dalam Dinamika Islam di Aceh Pada Masa Kolonial Belanda. Jurnal Artefak (Vol 7, No. 1)
Sumarno, “Analisis Isi dalam Penelitian Pembelajaran Bahasa dan Sastra”, Jurnal Elsa Vol 18, No.2 September 2020
Wahid, M. H., & Suyanto, H. (2023). Perang Diponegoro sebagai tendangan bola salju kemerdekaan indonesia. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 12(2), 211-218. https://doi.org/10.17509/factum.v12i2.63898.Pratiwi, H. (n.d.).
Wardhana & Samsiyah. (2019). CONTENT ANALYSIS OF HIGH SCHOOL HISTORY TEXTBOOK FROM. Jurnal Historika (Vol. 22 No. 2)
White, M. D., & Marsh, E. E. (2006). Content analysis: A flexible methodology. Library Trends, 55(1), 22–45. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0053
Yani, A. (2018). Dampak Perang Makassar Abad XVII-XVIII. In Jurnal Rihlah (Vol. 06, Issue 01).
Yasin, Hadi, dkk. (2022). ISLAMIC WORLDVIEW. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam.
Zakaria, Jacky & Muhammad Irfan Wahid, “Sejarah Islam Indonesia dalam Perspektif Hamka”, Jurnal IAIN Palangkaraya Vol 1 No.2 Desember 2020
Zarkasyi, Hamid Fahmy, dalam pengantar M. Kholid Muslih, dkk, “Worldview Islam Pembahasan tentang Konsep-Konsep Penting dalam Islam.” (Jawa Timur: Universitas Darussalam (Unida) Gontor, 2018)
