Main Article Content

Abstract

Banyaknya kasus kekerasan masih menjadi ironi dalam dunia pendidikan di Indonesia. Lembaga pendidikan yang seharusnya menjadi tempat pembentukan karakter peserta didik, nyatanya masih dipenuhi oleh berbagai tindak kekerasan yang jauh dari semangat kebangsaan. Pembelajaran sejarah lokal sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki muatan nilai untuk membentuk karakter peserta didik, memiliki peluang besar untuk merestorasi situasi tersebut. Dengan menggunakan pendekatan peace education, pembelajaran sejarah lokal dapat mengembangkan karakter peserta didik yang memungkinkan mereka untuk melakukan antisipasi dan mencegah terjadinya konflik yang dimulai dari lingkungan terdekat dengan menginternalisasikan nilai–nilai yang terkandung di dalamnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pembelajaran sejarah lokal Sumatera Selatan dengan menggunakan pendekatan peace education. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan menelaah berbagai sumber pendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah lokal Sumatera Selatan berbasis peace education dapat menjadi alternatif bagi pendidik sejarah dengan menyasar pada dimensi nilai-nilai untuk membentuk karakter peserta didik yang cinta damai.

Keywords

Pembelajaran Sejarah Peace Education Sejarah Lokal Sumatera Selatan

Article Details

References

  1. Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Pendidikan Tambusai, 4(1), 209–215.
  2. Abdullah, U. M. K., & Azis, A. (2019). Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 51–61. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355
  3. Ahmad, T. A. (2015). Kendala Guru dalam Internalisasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Sejarah. Khazanah Pendidikan, 7(1), 1–15. http://www.jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/664/656
  4. Asmara, Y. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalaui Pembelajaran Sejarah di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Sejarah Ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 218–230. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GDB3F
  5. Ayundasari, L. (2022). Implementasi Pendekatan Multidimensional Dalam Pembelajaran Sejarah Kurikulum Merdeka. Sejarah Dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 16(1), 225. https://doi.org/10.17977/um020v16i12022p225-234
  6. F. Hadi Santosa, Raka Al Chuza Adnan Kadar, and Siti Almaesaroh, “Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Jakarta,” J. Pendidik. Sej., vol. 10, no. 1, pp. 22–34, 2021, doi: 10.21009/jps.101.02.
  7. Hadi Santosa, F., Raka Al Chuza Adnan Kadar, & Siti Almaesaroh. (2021). Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 22–34. https://doi.org/10.21009/jps.101.02
  8. Hardi, E., & Basri, W. (2019). Implementasi Pembelajaran Sejarah Bermuatan Lokal Di Sma Negeri Di Sumatera Barat. Seminar Naisional Sejarah Pendidikan Universitas Negeri Padang, 208–215.
  9. Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95.
  10. Hassan, A., Masbukin, D., Pendidikan, N., Pemikiran, A., Wahid, A., Uin, P., Syarif, S., Riau, K., & Uin, M. (2019). TOLERANSI: Media Komunikasi umat Beragama NALAR PENDIDIKAN DAMAI (PEACE EDUCATION). 11(2), 131–155.
  11. Hendry, E. (2015). Pengarus Utamaan Pendidikan Damai (Peaceful Education) Dalam Pendidikan Agama Islam solusi Alternatif Upaya deradikalisasi Pandangan Agama). At-Turats : Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam, 9(1), 6–13. https://doi.org/https://doi.org/10.24260/at-turats.v9i1.303
  12. Hendry, E. (2016). Kekerasan Dalam Pendidikan. At-Turats, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.24260/at-turats.v3i1.252
  13. https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-16/
  14. https://sdgs.un.org/goals
  15. Ishartono, I., & Raharjo, S. T. (2021). The Sustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. SOCIAL WORK JURNAL, 4(2), 159–167. https://doi.org/10.1201/9781003080220-8
  16. Kartikowati, T., Kurniawati, K., & Ibrahim, N. (2023). Peran Guru Untuk Menerapkan Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 416–423. https://doi.org/10.29210/1202323098
  17. Kester, K. (2023). Global citizenship education and peace education: Toward a postcritical praxis. Educational Philosophy and Theory, 55(1), 45–56. https://doi.org/10.1080/00131857.2022.2040483
  18. Martha, Y., Sa’diyah, D., Maulana, H., & Warto, W. (2023). Konsep Dasar Sejarah : Implementasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(4), 164–176.
  19. Maslahah, W., & Hidayat, A. W. (2022). Indonesian History Subject for Peace Education Through the Integration of Local History Wafiyatu. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(1), 220–226. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v8i1.4403
  20. McGregor, S. L. T. (2022). The Wisdom Imperative: Peace Through Education for a Sustainable World. Transdisciplinary Journal of Engineering & Science, 13, 43–52. https://doi.org/10.22545/2022/00170
  21. Najia, S., & Triyatno, A. (2020). Analisis Teori Politik Hijau Terhadap Penerapan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Kehidupan Daratan di Indonesia Studi Kasus : kebakaran Hutan dan Lahan Indonesia 2016-2019. Jurnal Sosial Politik Peradaban, 3(1), 87–104.
  22. Nur, R. H. S. (2022). Pengaruh Soal Higher Order Thinking Skills Terhadap Kemampuan Literasi Sejarah Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Krian Pada Mata Pelajaran Sejarah. Journal Pendidikan Sejarah, 12(4), 1–15.
  23. Nurkhozin, N. (2021). Manajemen Pendayagunaan Zakat Tinjauan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Jurnal An-Nahl, 8(1), 52–62. https://doi.org/10.54576/annahl.v8i1.29
  24. Patulak, A., & Giovanny, H. (2020). Optimalisasi Peran Ombudsman Republik Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals Nomor 16 (Target 16.6). Legislatif, 3(2), 269–286. https://doi.org/https://doi.org/10.20956/jl.v3i2.10471
  25. Prakosajaya, A. A., Tumpal Sianipar, H. M., & Widiyastuti, A. N. (2021). Perbandingan Struktur Prasasti Berbahasa Melayu Kuno Kedatuan Sriwijaya Dan Kerajaan Mataram Kuno Abad Ke 7-8 Masehi. Siddhayatra: Jurnal Arkeologi, 26(1), 1–14. https://doi.org/10.24832/siddhayatra.v26i1.195
  26. Pramartha, I. N. B., & Parwati, N. P. Y. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Widyadari, 21(2), 54–75. https://doi.org/10.5281/zenodo.4049459
  27. Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198–226. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.518
  28. Prawitasari, M., Sawitri, R., & Susanto, H. (2022). Nilai-nilai Karakter dalam Buku Teks Sejarah SMA Kelas XI di SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(3), 2287. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2761
  29. Rahman, A., & Ramli, M. (2022). Diseminasi Pendidikan Kedamaian Terhadap Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Majene. J-MAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 319–326.
  30. Rosyad, R., & Dian, D. (2022). Model Pendidikan Perdamaian di Sekolah Pondok Peacesantren Garut. Prodi S2 Studi Agama-Agama Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
  31. Rulianto, R., & Hartono, F. (2023). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 95–101. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24256
  32. Rusydi, I. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 75–83.
  33. Saifuddin, S., Chotib, R., & Muhammad, M. (2022). Definisi Sejarah Dan Konsep Peace Education (Pendidikan Perdamaian). Proceeding International Seminar on Islamic Education and Peace, 2(36), 359–367.
  34. Saleh, S. R., & Doni, C. P. (2017). Implementasi Peace Education Dalam Kurikulum (Studi Kasus Universitas Muhammadiyah Gorontalo). Education Journal, 1(2), 1–19.
  35. Sholeh, Kabib & Wandiyo. (2020). Candi Bumi Ayu sebagai Bentuk Toleransi Beragama Pada Masa Kerajaan Sriwijaya Abad IX-XIII M. Historia: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah 8 (2).
  36. Santosa, F. H., Kadar, R. A. C. A., & Almaesaroh, S. (2021). Pendidikan Perdamaian dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(1), 22–34. https://doi.org/10.21009/jps.101.02
  37. Saputra, W. N. E. (2016). Pendidikan Kedamaian: Peluang Penerapan pada Pendidikan Tingkat Dasar di Indonesia. Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, 03(3), 88–94.
  38. Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171
  39. Siswati, S., Utomo, C. B., & Muntholib, A. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap dan Perilaku Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA PGRI 1 Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 1–13.
  40. Sufiyana, A. Z. (2019). Peace Education Sebagai Upaya Pencegahan Tindak Kekerasan. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 104–120.
  41. Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/LONTAR.091.2
  42. Tular, N. I., & Manik, J. S. (2022). Pendidikan Perdamaian bagi Remaja: Upaya Pencegahan Terjadinya Konflik antar Umat Beragama. Fidei: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 5(1), 40–57. https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.228
  43. Umamah, N. (2018). Pembelajaran Sejarah Kesiapannya Menghadapi Tantangan Zaman. Repository Universitas Jember, 3(3), 15–26.
  44. Vikrati, N. S., & Muhammad Fauzil ‘Adzim. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Kegiatan Literasi Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Mts N 4 Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2), 103–130.
  45. Wardaya, M. (2020). Fenomena Globalisasi dan Tantangan Menanamkan Budaya Lokal Untuk Membangkitkan Rasa Kebangsaan pada Masyarakat Modern. Seminar Nasional ENVISI: Industri Kreatif, 58–64.
  46. Yenrizal. 2018. Nilai-Nilai Lingkungan Hidup pada Prasasti Talang Tuwo: Perspektif Komunikasi Lingkungan. Cipta Media Nusantara: Surabaya.
  47. Zahro, M., Sumardi, & Marjono. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Jurnal Historica, 1(1), 1–11.https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/5095/3760
  48. Zed, Mestika 2003. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.