SMA Insan Cendekia Madani: Environmentally Friendly School Policy And Implementation Of Environment Based Curriculum As An Ef-Fort In Building Students' Eco-Friendly Character

Jakiatin Nisa, Anissa Windarti, Mirza Desfandi, Abdul Mufahir

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pada kebijakan berwawasan lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan mengetahui tingkat efektifitas penerapan kurikulum berbasis lingkungan da-lam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani (ICM). Pendekatan penelitian ini adalah Mix Method Research, dengan Strategi Embedded Konkuren, yaitu strategi yang menerapkan satu tahap pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa: Pertama, gambaran penerapan kebijakan sekolah berwawasan ling-kungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani termuat pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS); Kedua, tingkat efektifitas Program Adiwiyata pada penerapan kurikulum berbasis lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA ICM dinyatakan Efektif. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada pihak sekolah untuk menguatkan program sekolah berbasis lingkungan.

Full text article

Generated from XML file

References

Read More

Authors

Jakiatin Nisa
Anissa Windarti
Mirza Desfandi
mirza_des@unsyiah.ac.id (Primary Contact)
Abdul Mufahir
Nisa, J., Windarti, A., Desfandi, M., & Mufahir, A. (2021). SMA Insan Cendekia Madani: Environmentally Friendly School Policy And Implementation Of Environment Based Curriculum As An Ef-Fort In Building Students’ Eco-Friendly Character. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 5(2), 84–91. https://doi.org/10.22236/jgel.v5i2.7118
Copyright and license info is not available

Article Details