SMA Insan Cendekia Madani: Environmentally Friendly School Policy And Implementation Of Environment Based Curriculum As An Ef-Fort In Building Students' Eco-Friendly Character
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pada kebijakan berwawasan lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan mengetahui tingkat efektifitas penerapan kurikulum berbasis lingkungan da-lam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani (ICM). Pendekatan penelitian ini adalah Mix Method Research, dengan Strategi Embedded Konkuren, yaitu strategi yang menerapkan satu tahap pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif dalam satu waktu. Hasil penelitian menunjuk-kan bahwa: Pertama, gambaran penerapan kebijakan sekolah berwawasan ling-kungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA Insan Cendekia Madani termuat pada Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS); Kedua, tingkat efektifitas Program Adiwiyata pada penerapan kurikulum berbasis lingkungan dalam upaya menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMA ICM dinyatakan Efektif. Berdasarkan temuan penelitian disarankan kepada pihak sekolah untuk menguatkan program sekolah berbasis lingkungan.
Full text article
References
Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desfandi, M. (2015). Mewujudkan masyarakat berkarakter peduli lingkungan melalui program adiwiyata. SOSIODIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 2(1), 31–37.
Desfandi, M., Maryani, E., & Disman, D. (2019). Implementation of Adiwiyata Program in the Effort to Create Environmental Cultured School in Banda Aceh. Sumatra Journal of Disaster, Geography and Geography Education, 3(2), 1–8.
Desfandi, M., Maryani, E., & others. (2017). Building ecoliteracy through adiwiyata program (study at adiwiyata school in Banda Aceh). The Indonesian Journal of Geography, 49(1), 51.
Ertekin, T., & Yüksel, í‡. (2014). The role of ecological literacy education with academic support in raising environmental awareness for high school students:"Enka ecological literacy summer camp project case study.” Procedia-Social and Behavioral Sciences, 120, 124–132.
Hungerford, H. R. (2009). Environmental education (EE) for the 21st century: Where have we been? Where are we now? Where are we headed? The Journal of Environmental Education, 41(1), 1–6.
Keraf, A. S. (2010). Etika lingkungan hidup. Penerbit Buku Kompas.
Landriany, E. (2014). Implementasi kebijakan adiwiyata dalam upaya mewujudkan pendidikan lingkungan hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1).
Nasution, N. B., Karimah, S., Studi, P., Matematika, P., & Pekalongan, U. (2018). Analisis pengetahuan awal mahasiswa mengenai masalah intrusi air laut dan rob. 15, 1–7.
Prayitno, Y., Djati, M. S., Soemarno, S., & Fanani, Z. (2013). Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 16(1), 41–51.
Research and Development Center for Curriculum. (2010). Pengembangan dan Pendidikan Budaya Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum Kemendiknas.
Supriatna, N. (2016). Ecopedagogy: Membangun kecerdasan ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryadi, A., & Budimansyah, D. (2016). Advance School Leadership, Progress Teaching Approach and Boost Learning: The Case of Indonesia. The New Educational Review, 45(3), 76–87.