Peran Guru Geografi Dan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Google Classroom Terhadap Pendidikan Bencana Pandemi COVID-19 di SMAN 5 Depok Provinsi Jawa Barat

Ning Setianti

Abstract

Dampak serius pandemi COVID-19 di sektor pendidikan membuat pemerintah merubah kebijakan dalam sistem pembelajaran di Indonesia. Peran guru geografi dituntut untuk menggunakan pembelajaran jarak jauh, dengan sarana dan prasarana apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan peran guru geografi dan pembelajaran jarak jauh (e-learning) google classroom terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19. Metode penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan format eksplanasi digunakan untuk memperoleh data hasil penelitian dari responden siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh parsial positif dan signifikan antara peran guru geografi terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19; terdapat pengaruh parsial positif dan signifikan pembelajaran jarak jauh (e-learning) google classroom terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19; dan terdapat pengaruh simultan positif dan signifikan peran guru geografi dan pembelajaran jarak jauh (e-learning) google classroom terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19. Pengaruh yang paling besar terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19 adalah peran guru geografi. Peran guru geografi dan pembelajaran jarak jauh (e-learning) google classroom memberikan kontribusi terhadap pendidikan bencana pandemi COVID-19 sebesar 58,8%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah peran guru geografi bukanlah satu-satunya yang mempengaruhi pendidikan bencana pandemi COVID-19, tetapi perlu dipertimbangkan pula variabel pembelajaran jarak jauh (e-learning) google classroom. Rekomendasi penelitian, sebaiknya saat pandemi COVID-19 guru geografi melakukan pembelajaran jarak jauh (e-learning) menggunakan google classroom, agar mudah dimengerti siswa saat proses pembelajaran.

Full text article

Generated from XML file

References

Abidin, Y, 2015, Pembelajaran Multiliterasi Sebuah Jawaban atas Tantangan Pendidikan Abad Ke-21 dalam konteks Keinovasian. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Z., Rumansyah, dan Arizona, K, 2020, Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 5(1):64-70.

Anugrahana, A., 2020, Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10(3):282-289.

Atina, 2020, The Effectiveness of Using Distance Learning Media in the Covid-19 Pandemic at SDN 50 Mandau. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 4(6):1324-1333.

Bungin, B, 2017, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dewi, W. A. F, 2020, Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(1):55-61.

Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 2020, Pedoman Kesiap-siagaan Menghadapi Coronavirus Disease (COVID-19) Maret 2020. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Djamarah, S. B, 2015, Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Habel, 2015, Peran Guru Kelas Membangun Perilaku Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar 05 di Desa Setarajo Kecamatan Malinau Selatan Hilir Kabupaten Malinau. E-Journal Sosiatri-Sosiologi 3(2):14-27.

Hanifah, W., 2020, Efektivitas Komunikasi Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi 3(2):24-35.

Harefa, N., dan Sumiyati, 2020, Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada Masa Pandemi Covid-19. Science Education and Application Journal 2(2):88-100.

Iskandar, Masthura, dan Oktaviyana, 2020, Penerapan Sistem Pembelajaran Daring pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Abulyatama. Jurnal Dedikasi Pendidikan 4(2):323-332.

Iskenderoglu, M., Iskenderoglu, T. A., & Palanci, M, 2012, Opinion of Teaching Staff in Distance Education Systems, Regarding tge Assessment and Evaluation Process, Procedia – Social and Behavioral Sciences 46: 4661-4665.
Isman, M, 2017, Pembelajaran Moda dalam Jaringan (Moda Daring). Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-1.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan [Internet]. 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from:https://infeksiemerging.kemenkes.go.id/.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Info Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan RI [Internet]. 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from:https://infeksiemerging.kemenkes.go.id/.

Kör, H., Aksoy, H., & Erbay, H, 2014, Comparison of the Proficiency Level of the Course Materials (Animations, Videos, Simulations, E-books) Used in Distance Education. Procedia – Social and Behavioral Sciences 141, 854-860.

Mu'minah, I.H., dan Gaffar, A.A., 2020, Optimalisasi Penggunaan Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Bio Educatio 5 (2):23-35.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P.B., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., dan Putri, R.S., 2020, Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1):1-12.

Putra, R. A. M, 2020, Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam masa Pandemi, Research Gate, 1-7. https://www.researchgate.net/publication/340917890.

Riedel, S., Morse, S., Mietzner, T., Miller, S., Jawetz, Melnick & Adelberg's, 2019, Medical Microbiology. 28th ed. New York: McGraw - Hill Education/Medical.
Shaharanee, I.N.M., Jamil, J.M., & Rodzi, S. S. M, 2016, Google Classroom as a Tool for Active Learning. AIP Conference Proceedings 1761, 020069.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi). Bandung: CV Alfabeta.

Suryani & Hendryadi, 2016, Metode Riset Kuantitatif, Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

World Health Organization, 2020, Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public {Internet}. 2020 [cited 2020 March 15]. https://www.who.int/emergencies/diseases/ novel-coronavirus-2019/advice-for-public.
World Health Organization, 2020, Coronavirus disease 2019 (COVID-19) Situation Report – 70 [Internet]. WHO; 2020 [updated 2020 March 30; cited 2020 March 31]. Available from: https://www.who.int/ docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200330- sitrep-70-covid-19.pdf?sfvrsn=7e0fe3f8_2

World Health Organization, 2020, Situation Report – 42 [Internet]. 2020 [updated 2020 March 02; cited 2020 March 15]. Available from: https://www.who.int/docs/default-source/ coronaviruse/situation-reports/20200302-sitrep-42-covid-19. pdf?sfvrsn=224c1add_2.

Yunitasari, R., dan Hanifah, U, 2020, Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):232-243.

Yusuf, M, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zhu, N., Zhang, D., Wang, W., Li, X., Yang, B., Song, J., et al., 2020, A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonia in China, 2019. N Engl J Med 382(8):727-733.

Authors

Ning Setianti
setiantining@yahoo.com (Primary Contact)
Setianti, N. (2021). Peran Guru Geografi Dan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Google Classroom Terhadap Pendidikan Bencana Pandemi COVID-19 di SMAN 5 Depok Provinsi Jawa Barat. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 5(1), 33–45. https://doi.org/10.22236/jgel.v5i1.6126
Copyright and license info is not available

Article Details