STUDI REKLAMASI TELUK JAKARTA DI PULAU C DAN D DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA

  • Rasminto Rasminto Universitas Islam 45
  • Syurya M Nur Universitas Esa Unggul

Abstract

Jakarta merupakan Ibu Kota yang penuh dengan problematika, baik itu problematika sosial maupun ekonomi. Salah satunya yaitu permasalahan pembangunan proyek reklamasi teluk Jakarta yang menjadi perhatian publik nasional dengan problematika pro dan kontranya. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pembangunan reklamasi teluk Jakarta terkait pembangunan berkelanjutan dan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, yakni mendeskripsikan fenomena kependudukan dan lingkungan di proyek reklamasi teluk Jakarta dengan pendekatan pembangunan berkelanjutan dan nilai-nilai Pancasila. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa reklamasi sebuah keniscayaan bagi kota Jakarta yang terus berkembang laju pertumbuhan penduduknya, dan memiliki dampak manfaat apabila dikelola dengan baik serta sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Pemanfatan reklamasi juga dapat menjadikan kawasan pesisir yang rusak dijadikan bermanfaat untuk kawasan pemukiman, niaga serta objek wisata. Pengembangan permukiman dari pulau reklamasi dalam pemenuhan tempat hunian warga harus dapat menciptakan iklim kehidupan yang sehat secara lingkungan, ekonomi, sosio-budaya, maupun politik berdasarkan azas dan nilai Pancasila yang dapat menjamin berlanjutnya peningkatan kualitas kehidupan bagi warga Jakarta.
 
Kata Kunci: Pembangunan Berkelanjutan, Nilai-Nilai Pancasila, dan Reklamasi Teluk Jakarta.
Published
2018-07-25
How to Cite
RASMINTO, Rasminto; NUR, Syurya M. STUDI REKLAMASI TELUK JAKARTA DI PULAU C DAN D DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN DAN NILAI-NILAI PANCASILA. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 37-45, july 2018. ISSN 2579-8510. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jgel/article/view/1523>. Date accessed: 16 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.