PEMANFAATAN DATA PENGAMATAN CUACA BERBASIS DATA PENGINDERAAN JAUH DAN MODEL CUACA NUMERIK UNTUK PRAKIRAAN CUACA DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA HIDROMETEOROLOGI

  • Aries Kristianto Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Immanuel JA Saragih Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Muhammad Ryan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Wulan Wandarana Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Hensatiti Niken Pratiwi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Adelina Lumban Gaol Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Khafid Pratama Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika
  • Ejha Larasati Siadari Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Abstract

Cuaca ekstrem dengan intensitas curah hujan tinggi yang sering terjadi di tanah air menjadikan Indonesia memiliki ancaman terhadap bencana hidrometeorologi, seperti banjir, kekeringan, badai, dan tanah longsor. Terjadinya perubahan iklim mengindikasikan bahwa frekuensi kejadian cuaca ekstrem akan terus meningkat. Kejadian bencana hidrometeorologi memiliki dampak yang signifikan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat yang terdampak. Mengingat besarnya dampak yang ditimbulkan, masyarakat dan pemerintah perlu meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya bencana hidrometeorologi. Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh BMKG adalah pengembangan teknologi monitoring dan prediksi kebencanaan hidrometeorologi, yaitu menggunakan data penginderaan jauh dan model numerik cuaca. Berdasarkan hal tersebut, tujuan kajian merupakan untuk menganalisis seberapa besar optimalisasi pemanfaatan data penginderaan jauh dan model cuaca numerik untuk keperluan prakiraan cuaca ekstrem. Hasil analisis menunjukkan bahwa data pengindaraan jauh dan data model numerik cuaca dapat digunakan secara optimal untuk keperluan prakiraan cuaca. Selain itu, masih perlu dilakukan pengembangan dan inovasi pemanfaatan data penginderaan jauh maupun model numerik cuaca untuk mendukung kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana, terutama di bagian diseminasi/penyaluran informasi peringatan dini cuaca ekstrem kepada pihak terkait maupun kepada masyarakat.
 
Kata Kunci: Bencana Hidrometeorologis, Cuaca Ekstrem, Penginderaan Jauh, Model Numerik
Published
2018-07-25
How to Cite
KRISTIANTO, Aries et al. PEMANFAATAN DATA PENGAMATAN CUACA BERBASIS DATA PENGINDERAAN JAUH DAN MODEL CUACA NUMERIK UNTUK PRAKIRAAN CUACA DALAM MENGURANGI RISIKO BENCANA HIDROMETEOROLOGI. Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 22-31, july 2018. ISSN 2579-8510. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jgel/article/view/1518>. Date accessed: 16 jan. 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.