PENGARUH MADDEN JULIAN OSCILLATION TERHADAP KEJADIAN CURAH HUJAN EKSTREM DI PROVINSI JAWA BARAT (STUDI KASUS DI KABUPATEN SUKABUMI)

  • Budi Suhardi BMKG Bogor
  • Hadi Saputra BMKG Bogor
  • Leni Jantika Haswan BMKG Bogor

Abstract

Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yaitu salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya curah hujan ekstrem di wilayah Benua Maritim Indonesia (BMI). MJO dikenal sebagai unsur utama pengendali keragaman/variabilitas cuaca dan iklim antar musim kawasan tropis (30 – 60 hari). Osilasi yang dimaksud merupakan gelombang di atmosfer (troposfer) yang disebut dengan Gelombang Kelvin dan gelombang lainnya (Rossby dan Gabungan/Campuran Rossby Gravitasi). Pemicu dan penggerak cuaca buruk berupa giatnya gugusan awan konvektif di skala regional, yang bergerak ke arah timur yang dapat dipantau dengan kondisi medan angin dan liputan awannya (OLR = Outgoing Longwave Radiation). Lokasi penelitian adalah Benua Maritim Indonesia sebagai bagian dari Maritime Continent Equator, dengan focus area yaitu Kabupaten Sukabumi sebagai bagian dari salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Waktu pengambilan data dari medio Agustus 2017 sampai medio November 2017, dan awal Januari 2018. Akan tetapi, untuk wilayah Sukabumi pendataan data curah hujan dilakukan sejak beberapa tahun ke belakang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terjadinya penjalaran MJO yang berdampak terhadap curah hujan ekstrem di wilayah Indonesia dan khususnya Kabupaten Sukabumi, dan dapat dijadikan sebagai awal dari pola kajian untuk operasional sehari-hari di Stasiun Klimatologi Bogor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah yang terpengaruh MJO antara lain Jampang Kulon, Pelabuhan Ratu, dan Lengkong dengan korelasi positif. Fase MJO kuat yang berpengaruh terhadap hujan ekstrem di wilayah kabupaten Sukabumi terjadi pada bulan Desember sampai Februari.
Published
2018-07-25
How to Cite
SUHARDI, Budi; SAPUTRA, Hadi; HASWAN, Leni Jantika. PENGARUH MADDEN JULIAN OSCILLATION TERHADAP KEJADIAN CURAH HUJAN EKSTREM DI PROVINSI JAWA BARAT (STUDI KASUS DI KABUPATEN SUKABUMI). Jurnal Geografi, Edukasi dan Lingkungan, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-12, july 2018. ISSN 2579-8510. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jgel/article/view/1514>. Date accessed: 17 june 2019.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.