Identifikasi Kemampuan Berpikir Spasial Pada Materi Atmosfer Siswa SMA di Kota Padang

Muhammad Aliman, Mike, Dahri Hi Halek, Silvia Marni, Supriyono, Gusnaldi

Abstract

Berpikir spasial dibutuhkan oleh siswa dalam memahami pembelajaran geografi di SMA. Pemetaan kemampuan berpikir spasial oleh guru diawal pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Pada artikel ini, tujuan penelitian ini melakukan identifikasi kemampuan berpikir spasial siswa pada materi atmosfer di SMA. Populasi penelitian berjumlah 324 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei terhadap siswa kelas X (Fase E) SMAN 15 Padang. Instrumen berpikir spasial terdiri dari indikator komprehensif, representasi, skala, interaksi spasial, aplikasi dan analisis. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan nilai cronbach alfa < 0.709. Responden dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa fase E. Hasil penelitian membuktikan rata-rata kemampuan berpikir spasial pada materi atmosfer siswa SMAN 15 Padang berada pada tingkatan sedang dengan nilai sebesar 50,3%. Penilaian secara detail setiap indikator berpikir spasial dijelaskan dalam artikel ini. Pemetaan lebih awal kemampuan berpikir spasial siswa SMA dibutuhkan dalam memudahkan proses pembelajaran geografi sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing.

Full text article

Generated from XML file

References

Read More

Authors

Muhammad Aliman
alviageo@gmail.com (Primary Contact)
Mike
Dahri Hi Halek
Silvia Marni
Supriyono
Gusnaldi
Author Biographies

Muhammad Aliman, Universitas Negeri Malang

Departemen Geografi

Mike, Universitas Negeri Padang

Departemen Geografi

Dahri Hi Halek, STKIP Kie Raha Ternate

Program Studi Pendidikan Geografi

Silvia Marni, Universitas PGRI Sumatera Barat

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Supriyono, Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

Program Studi Pendidikan Geografi

Gusnaldi, Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat

SMAN 15 Padang

Aliman, M., Mike, Halek, D. H., Marni, S., Supriyono, & Gusnaldi. (2024). Identifikasi Kemampuan Berpikir Spasial Pada Materi Atmosfer Siswa SMA di Kota Padang. Jurnal Geografi, Edukasi Dan Lingkungan (JGEL), 8(1), 1–13. https://doi.org/10.22236/jgel.v8i1.11755

Article Details