Identifikasi Kemampuan Berpikir Spasial Pada Materi Atmosfer Siswa SMA di Kota Padang
Abstract
Berpikir spasial dibutuhkan oleh siswa dalam memahami pembelajaran geografi di SMA. Pemetaan kemampuan berpikir spasial oleh guru diawal pembelajaran dapat memudahkan guru dalam menyusun modul ajar sesuai dengan kurikulum merdeka. Pada artikel ini, tujuan penelitian ini melakukan identifikasi kemampuan berpikir spasial siswa pada materi atmosfer di SMA. Populasi penelitian berjumlah 324 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode survei terhadap siswa kelas X (Fase E) SMAN 15 Padang. Instrumen berpikir spasial terdiri dari indikator komprehensif, representasi, skala, interaksi spasial, aplikasi dan analisis. Instrumen penelitian telah divalidasi dengan nilai cronbach alfa < 0.709. Responden dalam penelitian ini sebanyak 66 siswa fase E. Hasil penelitian membuktikan rata-rata kemampuan berpikir spasial pada materi atmosfer siswa SMAN 15 Padang berada pada tingkatan sedang dengan nilai sebesar 50,3%. Penilaian secara detail setiap indikator berpikir spasial dijelaskan dalam artikel ini. Pemetaan lebih awal kemampuan berpikir spasial siswa SMA dibutuhkan dalam memudahkan proses pembelajaran geografi sesuai dengan kemampuan siswa masing-masing.
Full text article
References
Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. GEOGRAPHY : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57–71. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805.
Anggara, M. K. M., Purwanto, P., & Insani, N. (2022). Pengaruh sistem aktualisasi pendidikan kepramukaan terhadap keterampilan berpikir spasial pada mata pelajaran Geografi. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(5), Article 5.
Asiyah, S., Putri, M. K., Heldayani, E., Oktavia, M., Chairunisa, E. D., & Aryaningrum, K. (2020). Pemanfaatan Seni Kartografi untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa SMA Negeri 1 Pemulutan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(1), Article 1. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i1.14838.
Astawa, I., Sarmita, I., & Nugraha, A. S. (2019). Spatial Thinking Skill Guru Geografi Di Provinsi Bali. Jurnal Widya Laksana, 8, 181–189. https://doi.org/10.23887/jwl.v8i2.19162
Bednarz, R., & Lee, J. (2019). What improves spatial thinking? Evidence from the Spatial Thinking Abilities Test. International Research in Geographical and Environmental Education, 28(4), 262–280. https://doi.org/10.1080/10382046.2019.1626124.
Dewi, Y. K. S., Handoyo, B., & Purwanto, P. (2021). Model problem based learning dengan geospatial information: Implementasi dalam pembelajaran Geografi dengan untuk kemampuan spatial thinking. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 1(3), Article 3. https://doi.org/10.17977/um063v1i3p388-398.
Fayanto, S., Amaluddin, L. O., Rahmat, R., Surdin, S., Ramadhan, M. I., Hidayat, D. N., Sejati, A. E., & Purwana, I. G. (2019). The Effectiveness of Outdoor Learning in Improving Spatial Intelligence. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 667–680. https://doi.org/10.17478/jegys.613987
Febrianto, A. D., Purwanto, P., & Irawan, L. Y. (2021). Pengaruh penggunaan media Webgis Inarisk terhadap kemampuan berpikir spasial siswa pada materi mitigasi dan adaptasi bencana. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 26(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um017v26i22021p073.
Goodchild, M. F. (2011). Spatial Thinking and the GIS User Interface. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 21, 3–9. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.07.002.
Hidayanti, I. H., Sumarmi, S., & Utomo, D. H. (2019). Pengaruh Model Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(9), Article 9. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i9.12730.
Indraswari, D., & Widiyatmoko, W. (2022). Spatial Thinking Skills of High Senior School Geography Teachers in Surakarta City. 69–75. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220503.008.
Kim, E., & Lee, Y.-J. (2018). Serve as You Learn: Problem-Based Service-Learning Integrated into a Product Innovation and Management Class. International Journal of Costume and Fashion, 18(2), 29–43. https://doi.org/10.7233/ijcf.2018.18.2.029.
Medani, Z. P., Suharto, Y., Taryana, D., & Sumarmi, S. (2022). Pengaruh model guided discovery learning berbantuan google my maps terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMAN 1 Singosari. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(6), Article 6.
Meraki Asa. (2023). Mengenal SAT, A Level, dan ACT. Apa Perbedaannya? https://merakiasa.org/mengenal-sat-a-level-dan-act-apa-perbedaannya/
Muntarwikhi, S., Utomo, D. H., & Taryana, D. (2022). Pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi SAS Planet terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(2), Article 2.
Nandi. (2016). Kecerdasan Spasial dan Pembelajaran Geografi: Pemanfaatan Media Peta, Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis dalam Pembelajaran Geografi dan IPS. Prosiding Seminar Nasional Geografi 2016, 1, 23–37.
Ng, O.-L., & Chan, T. (2019). Learning as Making: Using 3D computer-aided design to enhance the learning of shape and space in STEM-integrated ways. British Journal of Educational Technology, 50(1), 294–308. https://doi.org/10.1111/bjet.12643.
Nisa, K., Soekamto, H., Wagistina, S., & Suharto, Y. (2021). Model Pembelajaran EarthComm pada Mata Pelajaran Geografi: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.40031.
Ridha, S., Utaya, S., Bachri, S., Handoyo, B., Kamil, P. A., & Abdi, A. W. (2021). Spatial Thinking and Decision-Making Abilities to Learn About Disaster Preparedness. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 630(1), 012017. https://doi.org/10.1088/1755-1315/630/1/012017.
Safitri, F., Ap, A. R., & Tumober, R. T. (2021). Peningkatan Kemampuan Spasial Geografi Melalui Pelatihan Seni Kartografi Pada Siswa SMP. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3045–3055. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i6.5421.
Selfiardy, S. (2022). Taksonomi Berpikir Spasial (Taxonomi of Spatial Thinking) dan Kesesuaiannya di SMAN 1 Tomohon. GEOGRAPHIA : Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.53682/gjppg.v3i1.4578.
Setiawan, I. (2016). Peran Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial (Spatial Thinking). Jurnal Geografi Gea, 15(1). https://doi.org/10.17509/gea.v15i1.4187.
Somantri, L. (2022). Indonesian spatial intelligence for geography teachers. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), Article 2.
Stieff, M., Werner, S., DeSutter, D., Franconeri, S., & Hegarty, M. (2020). Visual chunking as a strategy for spatial thinking in STEM. Cognitive Research: Principles and Implications, 5(1), 18. https://doi.org/10.1186/s41235-020-00217-6.
Syaifulloh, M. (2019). Character Education By Comprehensive Approach In Local History On The Local Community of Merapi’s Slope In Sleman Yogyakarta. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2018, Yogyakarta, Indonesia. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.19-10-2018.2282157.
Umam, Q., & Astawa, I. (2018). Analisis Spatial Thinking Skills Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 6. https://doi.org/10.23887/jjpg.v6i2.20687.
Wijayanto, B., Sutriani, W., & Luthfi, F. (2020). Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. Jurnal Samudra Geografi, 3(2), 42–50.
Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.