Pengaruh Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMAN Se Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Kognitif dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMAN Se Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari 5 Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan dengan jumlah sampel 205 siswa sebagai responden, diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model survey yang dianalisis menggunakan teknik analisis jalur (path analisis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung positif Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika dapat diterima, hal ini dapat diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 2,375 > 1,645, dan hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p 31= 0,19 atau 0,19 > 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 3,21 > 1,645, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p 32 = 0,17 atau 0,17 > 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh positif Gaya Kognitif terhadap Motivasi Berprestasi dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 3,67 > 1,645, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p 21 = 0,25 atau 0,25 > 0,05. Berdasarkan temuan penelitian di atas, variabel gaya kognitif dan motivasi berprestasi berkontribusi terhadap prestasi belajar matematika peserta didik . Dengan demikian perlu kiranya pendidik maupun orang tua senantiasa mengenali karakteristik gaya kognitif peserta didik sehingga dapat memperlakukan mereka secara tepat melalui pendekatan, teknik, dan metode yang dapat memperkuat motivasi berprestasi.