Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Kepuasan Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Profesionalitas Guru dengan Kepuasan Kerja Guru baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 guru Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Cengkareng Kota Administrasi Jakarta Barat, yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik sampel acak proporsional. Data untuk 3 variabel dikumpulkan dengan 3 instrumen angket, yaitu (1) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, (2) Profesionalitas Guru, dan (3) Kepuasan Kerja Guru. Data dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi pada taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan : (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan kepuasan kerja guru, yang ditunjukkan oleh koefesien korelasi ry1 = 0,582 dan persamaan regresi ^Y=49,23 + 0,550 X1 (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara profesionalitas
guru dan kepuasan kerja guru, yang ditunjukkan oleh koefesien korelasi ry2 = 0,548 dan persamaan regresi ^Y= 56,03 + 0,470 X2 (3) terdapat hubungan positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalitas guru dan kepuasan kerja guru, yang ditunjukkan oleh koefesien korelasi Ry12 = 0,692 dan persamaan regresi^Y= 23,115+0,424 X1 + 0,340 X2 . Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan profesionalitas guru maka semakin tinggi juga kepuasan kerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama.