Efektivitas Bantuan Hidup Dasar Untuk Teaga Kesehatan Indonesia

  • Nyityasmono Tri Nugroho

Abstract

Indonesia merupakan negara yang luas dengan populasi beragam pulau berpenghuni membutuhkan banyak pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) bagi tenaga kesehatan. Organisasi kemanusiaan non pemerintahan yaitu Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jakarta Raya menyelenggarakan pelatihan tunggal di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di seluruh Indonesia. Tujuan pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan ketersediaan tenaga ahli kesehatan dalam kemampuan BHD di Indonesia.
Studi ini merupakan penelitian operasional yang dilakukan untuk mengukur karakteristik dan efektivitas pelatihan BHD pada tenaga kesehatan. Data yang digunakan adalah seluruh peserta pelatihan dari RSUD. Pemilihan RSUD dilakukan sesuai dengan kriteria inklusi, sedangkan pemilihan peserta pelatihan dipilih oleh komite lokal di RSUD setempat dengan metode simple consecutive sampling. Data dianalisa menggunakan perangkat lunak statistik.
Karakteristik peserta didominasi perempuan, tenaga kesehatan perawat dan bidan, tingkat pendidikan terakhir diploma dan belum pernah mengikuti pelatihan BHD. Hasil evaluasi pelatihan menunjukan peningkatan signifikan antara nilai test sebelum dan sesudah pelatihan.
Kesimpulan pelatihan BHD tunggal dalam satu hari penuh mencakup ujian teori dan praktikum RJP dinilai efektif untuk tenaga kesehatan. Pelatihan BHD ini diselenggarakan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja di RSUD di Indonesia.
Kata kunci: BHD, Pelatihan, Rumah Sakit, Tenaga Kesehatan, Indonesia
Published
2018-01-01
How to Cite
NUGROHO, Nyityasmono Tri. Efektivitas Bantuan Hidup Dasar Untuk Teaga Kesehatan Indonesia. ARKAVI [Arsip Kardiovaskular Indonesia), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 200-204, jan. 2018. ISSN 2579-8871. Available at: <https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkavi/article/view/3689>. Date accessed: 21 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.22236/arkavi.v3i1.3689.