Penilaian Pencitraan Doppler Jaringan Ekokardiografi pada Pasien Hipertensi di RSUD Karawang Tahun 2016

  • Anik Ranika

Abstract

Abstrak

Hipertensi adalah tekanan darah sistolik > 140 mmHg dan tekanan diastolik > 90 mmHg dari Framingham Heart Study mengindikasikan sekitar 90% dari orang yang berumur di atas 55 tahun akan lebih berisiko terkena hipertensi. pengaruh hipertensi sangat besar pada jantung karena meningkatkan afterload sehingga menyebabkan disfungsi sistolik, terjadi peningkatan kebutuhan oksigen dimiokadium dan LVH, kemudian dapat menyebabkan disfungsi diastole. 

Penelitian dilakukan pada Juni-Agustus 2016 pada pasien hipertensi. Didapatkan sampel pasien sebanyak 15 pasien hipertensi dengan rata-rata hasil mengalami gangguan fungsi diastolik, penebalan dinding jantung dan penurunan kecepatan s', e' dan a'. Hasil penelitian yang dilakukan pada 15 pasien hipertensi, membuktikan teori bahwa hipertensi dapat mempengaruhi fungsi diastolik, perubahan dinding jantung dan penurunan kecepatan s'. e' dan a'.

Kata kunci : Hipertensi, Ekokardiografi dan Disfungsi Diastol.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-24
How to Cite
Ranika, A. (2018). Penilaian Pencitraan Doppler Jaringan Ekokardiografi pada Pasien Hipertensi di RSUD Karawang Tahun 2016. ARKAVI [Arsip Kardiovaskular Indonesia), 2(1), 117-122. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkavi/article/view/2414