Pengaruh Faktor Risiko Terhadap Hipertrofi Ventrikel Kiri pada Pasien Hipertensi

  • Handayani Nurmalasari

Abstract

Abstrak

Salah satu komplikasi dari hipertensi adalah terjadinya Left Ventricular Hypertrophy (LVH). Parameter dari LVH pada pemeriksaan Echocardiografi adalah LEft Ventricular Mass (LVM) dalam satuan gram. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui korelasi antara usia, jenis kelamin, tekanan darah, obat yang diminum, diabetes melistus dan hiperlipidemia dengan LVM pada penderita hipertensi.

Metode penelitian dengan desain Cross Sectional dan sampel ditentukan secara quota sampling. Dilakukan wawancara usia, faktor risiko diabetes mellitus dan perilaku merokok. Pengukuran tekanan darah dan LVM di  ruang Ekokardiografi RSUD Karawang. Kolesterol total diperoleh dari rekam medik. 

Hasil uji Chi Square menunjukkan ada hubungan antara usia dengan Left Ventrikular Mass (nilai p=0,034) dan tidak ada hubungan antara derajat hipertensi dengan Left Ventricular Mass (nilai p=0,052). 

Kesimpulan penelitian ini menunjukan ada hubungan antara usia dengan Left Ventricular Mass dan tidak ada hubungan antara derajat hipertensi dengan Left Ventricular Mass.

Kata Kunci : Hipertensi, Left Ventricular Mass (LVM), Left Ventricular Hypertrophy (LVH). 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-24
How to Cite
Nurmalasari, H. (2018). Pengaruh Faktor Risiko Terhadap Hipertrofi Ventrikel Kiri pada Pasien Hipertensi. ARKAVI [Arsip Kardiovaskular Indonesia), 1(2), 88-96. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkavi/article/view/2411