Gambaran Angiografi pada Penyumbatan Pembuluh Darah Koroner Pasien Usia Muda

  • Difa Raisa

Abstract

Abstak

Penyakit jantung koroner tidak saja ditemukan pada orang tua saja tetapi pada usia muda pun mulai terjadi. Saat ini orang-orang muda pun memilki risiko penyakit jantung koroner sama besarnya dengan oran tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran angiografi penyempitanpembuluh darah pada usia muda.

Metode penulisan adalah deskriptif dengan studi kasus dan studi pustaka. Hasil yang didapatkan dari seorang pasien usia 27 tahun, laki-laki, dengan diagnosa masuk ACS STEMI Anterior. Faktor risiko pasien merokok dan riwayat dislipedemia. Angiografi koroner memperlihatkan gambaran total oklusi dipembuluh darah LAD bagian proksimal. Telah dilakukan PCI dengan hasil baik.

Kesimpulan dari studi kasus ini adalah penyakit jantung koroner yang menyerang usia muda mengenai pembuluh darah LAD. Faktor risiko usia muda ini adalah laki-laki, merokok serta dislipedemia.

Kata Kunci : Angiografi, Koroner, PJK, usia muda 

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-01
How to Cite
Raisa, D. (2016). Gambaran Angiografi pada Penyumbatan Pembuluh Darah Koroner Pasien Usia Muda. ARKAVI [Arsip Kardiovaskular Indonesia), 1(2), 48-56. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkavi/article/view/2399