Workshop Pendampingan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN 01 dan SDN 05 Cijantung, Jakarta Timur

Main Article Content

Ishaq Nuriadin
Slamet Soro
Edi Supriadi

Abstract

Assemen Kompetensi Minimal (AKM) adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh
semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada
masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM yaitu literasi membaca dan
literasi matematika (numerasi). AKM yang terdiri dari AKM Sekolah dan AKM Nasional
rencananya akan digunakan pada Tahun Ajaran 2020-2021 di semua jenjang sekolah menuntut
guru dan semua hal yang terlibat di dalamnya agar bisa memahami dan melaksanakannya. SDN
Cijantung 01 dan SDN Cijantung 05 merupakan mitra dalam kegiatan ini, dua sekolah ini
merupakan sekolah yang tidak begitu jauh dari kampus FKIP UHAMKA dan beberapa Guru di sana
merupakan lulusan dari FKIP UHAMKA, baik dari kelas regular, kelas guru bantu dan PLPG
hingga PPG. Di samping hal tersebut kedua mitra tersebut belum mengadakan kegiatan workshop
tersebut, hal inilah yang mendorong untuk diadakan kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui
skema Program Kemitraan Masyarakat yang bekerja sama dengan Program Studi Pendidikan
Matematika FKIP UHAMKA. Kegiatan ini berupa workshop pendampingan AKM yang meliputi
materi dan pembuatan soal AKM. Hasil dari kegiatan ini peserta dapat meningkatkan pemahaman
tentang AKM hingga pembuatan soal-soal AKM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nuriadin, I. ., Soro, S. ., & Supriadi, E. . (2021). Workshop Pendampingan Asesmen Kompetensi Minimum di SDN 01 dan SDN 05 Cijantung, Jakarta Timur. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 532–538. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7641
Section
Articles