Pelatihan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Tengah

  • Eka Heriyani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Chandra Dewi Sukmawardani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Dinda Putri Ramadhani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Isnaeni Nur Maulidina Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Keywords: guru PAUD ‘Aisyiyah, sosial emosional, PWA ‘Aisyiyah Jawa Tenga

Abstract

Masa anak pra sekolah dikenal juga dengan masa toddler dimana aspek emosi mulai meningkat karena seiring dengan perkembangan kognitif terhadap pengaruh dari lingkungan sosial di sekitar anak. Pada masa ini anak mulai menunjukan sikap afektifnya, egosentris dari ke-akuan-nya ketika melihat dan mengetahui yang tidak disuka. Dari perkembangan yang normal dan sesuai asuhan yang tepat kewajaran emosional pada anak usia dini masih bisa ditolerir dan diterima akal pikiran. Namun, karena pengaruh lingkungan sosial terutama dari lingkungan keluarga yang terkadang memberikan sikap pemanjaan maka cara berpikir anak menjadi tidak berkembang pada tingkah lakunya yang selalu diladeni dan dilayani. Kondisi ini akan menjadi beban bagi para guru PAUD dalam proses mendidik dan pembelajaran anak di sekolah. Dalam tujuan pembelajaran PAUD, anak ketika di sekolah harus dapat mandiri dan belajar melakukan toleransi peduli pada temantemannya, muncul empati pada kondisi teman dan lingkunganya. Adapun hasil kegiatan ini adalah pemahaman para guru PAUD ‘Aisyiyah berkaitan dengan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini berada pada kategori cukup tinggi. Dimana mereka memiliki kemampuan kompetensi dalam menjalani peran tugas dan tanggung jawabnya mendidik anak bangsa. Serta kegiatan pelatihan sosial emosional anak usia dini ini sangat memberikan manfaat untuk para guru dalam hal keterampil dan bertambah wawawan pengetahuannya bagaimana menghadapi anak didik yang mudah tersulut emosinya dan tidak mau berkumpul bermain bersama teman-teman di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-30
How to Cite
Heriyani, E., Sukmawardani , C. D., Ramadhani, D. P., & Maulidina, I. N. (2021). Pelatihan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Guru PAUD ‘Aisyiyah Jawa Tengah. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 522-531. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7640