Pelatihan Menulis Cerpen di SMP Muhammadiyah Cisalak
Main Article Content
Abstract
dalam menuangkan ide kreatif di dalam cerpen.
Kegiatan menulis merupakan salah satu kegiatan produktif yang mampu mengembangan
kompetensi seorang siswa. Siswa mampu menuangkan segala ide
serta perasaan yang dimiliki dalam
sebuah tulisan. Melalui menulis pula, siswa akan terbiasa membaca untuk menambah pengetahuan
serta kosakata yang harus dimiliki. Salah satu bentuk tulisan yang dapat dihasilkan oleh siswa yaitu
karya sastra berupa cerpen. Cerpen atau cerita pendek merupakan karya fiksi yang berbentuk prosa
"sekali duduk”. Namun dewasa ini tidak semua siswa mengetahui
proses penuangan ide kreatif dalam
bentuk sebuah cerita atau cerpen. Selain itu, kesulitan siswa dalam memulai cerita dan
menggunakan bahasa yang tepat menjadi sebuah kendala dalam mengembangkan cerpen.
Berdasarkan hal tersebut, maka dipandang perlunya pelatihan terkait menulis cerpen guna
membantu siswa
Kegiatan menulis merupakan salah satu kegiatan produktif yang mampu mengembangan
kompetensi seorang siswa. Siswa mampu menuangkan segala ide
serta perasaan yang dimiliki dalam
sebuah tulisan. Melalui menulis pula, siswa akan terbiasa membaca untuk menambah pengetahuan
serta kosakata yang harus dimiliki. Salah satu bentuk tulisan yang dapat dihasilkan oleh siswa yaitu
karya sastra berupa cerpen. Cerpen atau cerita pendek merupakan karya fiksi yang berbentuk prosa
"sekali duduk”. Namun dewasa ini tidak semua siswa mengetahui
proses penuangan ide kreatif dalam
bentuk sebuah cerita atau cerpen. Selain itu, kesulitan siswa dalam memulai cerita dan
menggunakan bahasa yang tepat menjadi sebuah kendala dalam mengembangkan cerpen.
Berdasarkan hal tersebut, maka dipandang perlunya pelatihan terkait menulis cerpen guna
membantu siswa
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Ibrahim, N. ., Qura, U. ., & Hidayati, D. W. . (2021). Pelatihan Menulis Cerpen di SMP Muhammadiyah Cisalak . Prosiding Abdimasmu, 2(2), 426–433. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7631
Section
Articles