Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Melalui Media Sosial di Pesantren Al-Musthafawiyah Bogor

  • Ahmad Diponegoro Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Hery Muljono Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Nadya L. Aghnia Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Keywords: media sosial, distant learning, blended learning, bahan ajar.

Abstract

Media sosial, yang makin tak terbendung penetrasinya pada berbagai lapisan masyarakat, dipandang menjadi alternatif penyampaian materi bahan ajar secara daring yang sangat berpotensi meningkatkan minat belajar khususnya di kalangan milenial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan di sini bertujuan membantu para guru dalam menguasai proses belajar mengajar secara daring menggunakan media sosial. Langkah pertama pada metode pelaksanaan adalah melakukan asesmen kemampuan para guru di pesantren tersebut dalam pemanfaatan media sosial. Pada langkah kedua, berdasarkan pengetahuan yang didapat, dirumuskan program pelatihan yang menekankan pada aspek ketrampilan praktis pemanfaatan media sosial. Ketiga, dilakukan pendampingan kepada peserta pelatihan dalam melakukan simulasi proses pembuatan bahan ajar di media sosial. Untuk mengetahui keberhasilan pada penguasaan materi pelatihan, kemudian dilakukan evaluasi kemampuan para guru baik atas kemampuan teknis maupun jumlah yang me-like yang atas porduk media sosial mereka. Hasil pelatihan ini ditunjukkan dengan antusiasme para peserta dan peningkatan kemampuan dalam membuat materi ajar di sosial media.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-30
How to Cite
Diponegoro, A., Muljono, H., & Aghnia, N. L. (2021). Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Melalui Media Sosial di Pesantren Al-Musthafawiyah Bogor. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 406-415. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7629