Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis PJJ Bagi Guru Aliyah di DKI Jakarta

Main Article Content

Sigid Edy Purwanto
Joko Soebagyo
Esti Ambar Nugraheni

Abstract

Pendidikan memegang peran vital dalam memajukan daya saing SDM suatu daerah. Untuk itu, pengembangan pembelajaran menjadi salah satu langkah agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan pendidikan tidak hanya terbatas pada hasil belajar, namun lebih pada peningkatan kemampuan berpikir. Pengembangan kemampuan tersebut antara lain dapat dilakukan melalui matematika yang secara substansial dapat mendorong pengembangan kemampuan berpikir. Hal ini karena konsep-konsep matematika tersusun secara hierarkis, terstruktur, logis dan sistematis sehingga memerlukan kemampuan berpikir matematis yang baik untuk mengatasinya. Program Kemitraan Masyarakat ini mengambil tajuk Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis PJJ bagi Guru Aliyah di DKI Jakarta. Program ini merupakan terobosan dosen pendidikan matematika untuk terjun berbagi ilmu pendidikan matematika sampai ke organisasi profesi di masyarakat yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika Aliyah DKI Jakarta. Program ini bertujuan untuk: 1) mendampingi dan membersamai Guru dalam pembelajaran matematika jarak jauh; 2) memperkaya wawasan Guru dan Dosen tentang pembelajaran matematika yang menarik untuk siswa; dan 3) membangun keakraban dan kebersamaan Guru dan Dosen dalam mengembangkan pendidikan matematika. Mitra PKM ini adalah MGMP Matematika Aliyah DKI Jakarta, organisasi nir laba yang bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. PKM ini diadakan untuk memperkaya wawasan Guru dan Dosen tentang pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purwanto, S. E., Soebagyo, J. ., & Nugraheni, E. A. . (2021). Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis PJJ Bagi Guru Aliyah di DKI Jakarta . Prosiding Abdimasmu, 2(2), 392–396. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7627
Section
Articles