Pelatihan Pengasuhan Positif; Pendampingan Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas

Main Article Content

Anisia Kumala Masyhadi
Anissa Rizky Andriany
Mahesti Pertiwi

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang krusial dan strategis, karena masa
anak usia dini merupakan masa emas dalam tumbuh dan kembang. Hal ini kemudian
membutuhkan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini yang baik, dan salah satu komponen
keberhasilan penyelenggaraannya adalah pada kompetensi guru PAUD. Pengembangan
kompetensi pengasuhan dilakukan dengan pelatihan intensif, yang berupa pemberian materi dari
para narasumber terkait tema-tema pengasuhan dan peserta diberikan tugas mandiri untuk bisa
mengembangkan kompetensi analisis komseptual maupun juga penyelesaian masalah di PAUD
secara praktis. Pelatihan diikuti oleh tujuh puluh enam guru PAUD dan pengelola PAUD di wilayah
PWA Riau, dan diselenggarakan dalam enam hari, delapan materi. Materi yang disampaikan
adalah Penelitian Tindakan Kelas; Perkembangan anak dan penilaian otentik; Peneguhan Ideologi;
Peran serta orang tua dalam pembelajaran anak dan Interaksi yang menyenangkan; Pembelajaran
berpusat pada anak dan bermain; Kurikulum terintegrasi AIK; Manajemen penyelenggaraan
PAUD Aisyiyah; Perencanaan pembelajaran bermuatan STEAM. Capaian dari luaran pelatihan ini
diukur dari pre test dan post test yang dilakukan dan juga dari kualitas tugas mandiri individu yang
dikerjakan oleh peserta.

Kata Kunci: Pelatihan; Pengasuhan Positif; Pendidikan Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Masyhadi, A. K. ., Andriany, A. R. ., & Pertiwi, M. (2021). Pelatihan Pengasuhan Positif; Pendampingan Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 370–376. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7545
Section
Articles