Pelatihan Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama, Moral, Fisik, Motorik, Kognitif, Bahasa, dan Sosioemosional Pada Anak: Pendampingan Guru PAUD Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas

  • Anissa Rizky Andriany Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Anisia Kumala Masyhadi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Mahesti Pertiwi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
Keywords: Guru PAUD, Aisyiah, Riau

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang krusial dan strategis, karena masa anak usia dini merupakan masa emas dalam tumbuh dan kembang. Salah satu komponen keberhasilan penyelenggaraan PAUD terletak pada kompetensi guru PAUD. Beberapa kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru PAUD di antaranya adalah kompetensi dalam meningkatkan perkembangan anak didik, pada aspek nilai agama moral, fisik, motorik, kognitif, bahasa, dan sosioemosional. Pada masa usia dini, anak mengalami masa keemasan (the golden years) yang merupakan masa di mana anak mulai peka/ sensitif untuk menerima berbagai rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan agama moral, kognitif, motorik, bahasa, dan sosio emosional. Pada kondisi riilnya, di institusi PAUD ‘Aisyiyah Riau masih banyak guru PAUD ‘Aisyiyah yang belum banyak mendapatkan paparan mengenai perkembangan pada anak usia dini. Oleh karena itu, menjadi penting dan perlu untuk menyelenggarakan pelatihan guna meningkatkan perkembangan anak usia dini pada aspek nilai agama moral, fisik, motorik, kognitif, bahasa, dan sosioemosional dalam rangka pendampingan guru PAUD di wilayah tersebut. Pelatihan diikuti oleh tujuh puluh enam guru PAUD dan pengelola PAUD di wilayah PWA Riau, dilakukan dalam waktu 5 hari pada tanggal 23 Juni 2021 sampai 28 Juni 2021, dengan menggunakan metode pelatihan via daring. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sudah tersampaikan dengan baik kepada seluruh peserta. Capaian pelatihan ini diukur dari pre-test dan post-test yang diberikan, serta dari kualitas tugas mandiri individu yang dikerjakan oleh peserta. Kata Kunci: Kompetensi guru PAUD; Aisyiyah; Riau

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-30
How to Cite
Andriany , A. R., Masyhadi, A. K., & Pertiwi, M. (2021). Pelatihan Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama, Moral, Fisik, Motorik, Kognitif, Bahasa, dan Sosioemosional Pada Anak: Pendampingan Guru PAUD Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 336-348. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7542