Pelatihan Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama, Moral, Fisik, Motorik, Kognitif, Bahasa, dan Sosioemosional Pada Anak: Pendampingan Guru PAUD Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas

Main Article Content

Anissa Rizky Andriany
Anisia Kumala Masyhadi
Mahesti Pertiwi

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan yang krusial dan strategis,
karena masa anak usia dini merupakan masa emas dalam tumbuh dan kembang. Salah satu
komponen keberhasilan penyelenggaraan PAUD terletak pada kompetensi guru PAUD. Beberapa
kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh guru PAUD di antaranya adalah kompetensi dalam
meningkatkan perkembangan anak didik, pada aspek nilai agama moral, fisik, motorik, kognitif,
bahasa, dan sosioemosional. Pada masa usia dini, anak mengalami masa keemasan (the golden
years) yang merupakan masa di mana anak mulai peka/ sensitif untuk menerima berbagai
rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju pertumbuhan dan
perkembangan anak secara individual. Masa peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik
dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan
masa peletak dasar untuk mengembangkan kemampuan agama moral, kognitif, motorik, bahasa,
dan sosio emosional. Pada kondisi riilnya, di institusi PAUD ‘Aisyiyah Riau masih banyak guru
PAUD ‘Aisyiyah yang belum banyak mendapatkan paparan mengenai perkembangan pada anak
usia dini. Oleh karena itu, menjadi penting dan perlu untuk menyelenggarakan pelatihan guna
meningkatkan perkembangan anak usia dini pada aspek nilai agama moral, fisik, motorik, kognitif,
bahasa, dan sosioemosional dalam rangka pendampingan guru PAUD di wilayah tersebut.
Pelatihan diikuti oleh tujuh puluh enam guru PAUD dan pengelola PAUD di wilayah PWA Riau,
dilakukan dalam waktu 5 hari pada tanggal 23 Juni 2021 sampai 28 Juni 2021, dengan
menggunakan metode pelatihan via daring. Secara keseluruhan kegiatan ini berlangsung dengan
lancar dan sudah tersampaikan dengan baik kepada seluruh peserta. Capaian pelatihan ini diukur
dari pre-test dan post-test yang diberikan, serta dari kualitas tugas mandiri individu yang
dikerjakan oleh peserta.

Kata Kunci: Kompetensi guru PAUD; Aisyiyah; Riau

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Andriany , A. R., Masyhadi, A. K. ., & Pertiwi, M. . (2021). Pelatihan Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama, Moral, Fisik, Motorik, Kognitif, Bahasa, dan Sosioemosional Pada Anak: Pendampingan Guru PAUD Aisyiyah Riau Dalam Penyelenggaraan PAUD Berkualitas. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 336–348. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7542
Section
Articles