Peran Blog Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMA Muhammadiyah 13-Tomang

Main Article Content

Syaadiah Arifin
Hamzah Puadi Ilyas
Dwi Sloria Suharti

Abstract

Pada saat ini teknologi meningkat dengan pesat dalam bidang pendidikan. Pengintegrasian teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran tidak dapat dihindari lagi. Begitu juga pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris sangat diuntungkan dengan integrasi teknologi ini. Pada saat ini banyak media yang tersedia untuk digunakan belajar Bahasa Inggris seperti: Podcast, Youtube, Instagram, dan blog. Blog sendiri merupakan media yang cukup baik dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dalam skil menulis. Tujuan mengadakan Pengmas ini adalah untuk mengeksplorasi penggunaan blog dalam memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Inggris. Pengmas berlangsung di salah satu SMA Muhammadiyah 13 yang berlokasi di Jakarta. Peserta yang terlibat ada tiga-puluh siswa kelas XI dan seorang guru pendamping. Instrument berupa bahan pengajaran berbentuk ppt, latihan grammar, interview, dan observasi. Pelatihan berlangsung selama tujuh jam dalam dua hari. Media lain yang digunakan adalah Whatsapp untuk berdiskusi dan menerangkan tata bahasa berupa tenses. Metode yang digunakan pada Pemgmas ini adalah: Tanya jawab, diskusi, dan metode Deduktif pada saat mengajarkan tenses. Hasil yang diperoleh dapat terlihat siswa mulai tertarik menulis paragraph sederhana dan berhati hati dalam menggunakan tata bahasa yang benar. Dari hasil wawancara siswa merasa lebih nyaman menulis di blog karena waktu yang fleksibel, dapat melihat kamus dan catatan ketika mendapat kesulitan.
Kata kunci: Blog. Motivasi, Menulis, Teknologi Integrasi

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Arifin, S., Ilyas, H. P. ., & Suharti, D. S. . (2021). Peran Blog Dalam Memotivasi Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Siswa SMA Muhammadiyah 13-Tomang. Prosiding Abdimasmu, 2(2), 309–321. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/7540
Section
Articles