Pelatihan Penggunaan YouTube dan Instagram dalam Pengajaran Tata Bahasa Inggris dalam Bentuk Caption Writing pada Siswa SMK Muhammadiyah I Cipondoh- Tangerang

  • Syaadiah Arifin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Hamzah Puadi Ilyas Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Dwi Sloria Suharti Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Teknologi Integrasi, caption Writing, Tata Bahasa, Tenses

Abstract

Pembelajaran tata bahasa merupakan hal yang tidak mudah bagi siswa Indonesia. Meskipun siswa belajar tata bahasa semenjak mereka di sekolah dasar, banyak siswa tidak mampu mengimplementasikan tata bahasa tersebut dalam tulisan dan percakapan dengan baik. Salah satu sebabnya adalah guru masih menggunakan cara tradisional dengan hanya memberikan pola dan latihan tertulis secara pasif tanpa mengintegrasikan tata bahasa dalam bentuk tulisan atau skil-skil bahasa Inggris lainnya. Berdasarkan interview awal pada siswa dan guru di SMK Muhammadiyah I Cipondoh, siswa mendapatkan kesulitan dalam mengimplementasikan Simple Present Tense dan Simple Past Tense dalam bentuk tulisan dan percakapan. Pada kesempatan ini Tim Pengmas akan mengajarkan tenses yang diimplementasikan dalam bentuk Caption Writing yang diunggah di Instagram. Integrasi teknologi lain yang digunakan adalah Youtube dan aplikasi Google Classroom dan Whats’up. Integrasi teknologi memainkan peran penting dalam memotivasi siswa untuk belajar tata bahasa dalam memahami bagaimana struktur tata bahasa bekerja. Instrumen yang digunakan adalah ppt, diskusi interakrtif, dan tutorial pembelajaran tenses dari Youtube. Dari monitor yang dilakukan selama pelatihan berlangsung, siswa bersemangat mengerjakan soal yang diberikan karena mempelajari sesuatu dengan cara yang baru dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-08