Meningkatkan Kreatifitas Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau Dalam Menciptakan Pembelajaran yang Adaptif di Masa Pandemi Covid 19
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Program kemitraan masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Provinsi Riau dengan alasan bahwa guru PAUD ‘Aisyiyah Riau masih banyak yang mengalami kesulitan dan bahkan kebingungan dalam memberikan pembelajaran pada anak dan menghadapi orang tua/wali murid. Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau perlu diberikan penyegaran pengetahuan dan wawasan dalam mempersiapkan bahan pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19.Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman guru PAUD ‘Aisyiyah Riau dalam: 1). Berkomunikasi yang efektif dengan orang tua/wali murid, 2). Merancang pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Riau, peserta 85 orang yang berasal dari berbagai daerah yang ada di provinsi Riau. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, materi dipresentasikan, tanya jawab dan diskusi melalui daring. Untuk melihat keberhasilan kegiatan ini, peserta mengisi google form yang memuat 12 aitem pertanyaan sebagai sampel yang dianggap mewakili materi yang disampaikan nara sumber. Hasil evaluasi dapat dimaknai bahwa kegiatan pelatihan singkat tentang peningkatan kreativitas guru PAUD ‘Aisyiyah Riau dalam merancang pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19 cukup berhasil. Sebagian besar materi (lebih 75%) dapat dipahami dan dimengerti oleh 60% peserta dan kurang dari 25% materi yang tidak dipahami oleh 40% peserta.
Kata kunci: Kreativitas, Pembelajaran, Adaptif, Pandemic Covid-19
Program kemitraan masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di Provinsi Riau dengan alasan bahwa guru PAUD ‘Aisyiyah Riau masih banyak yang mengalami kesulitan dan bahkan kebingungan dalam memberikan pembelajaran pada anak dan menghadapi orang tua/wali murid. Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau perlu diberikan penyegaran pengetahuan dan wawasan dalam mempersiapkan bahan pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19.Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman guru PAUD ‘Aisyiyah Riau dalam: 1). Berkomunikasi yang efektif dengan orang tua/wali murid, 2). Merancang pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Riau, peserta 85 orang yang berasal dari berbagai daerah yang ada di provinsi Riau. Kegiatan dilaksanakan secara virtual, materi dipresentasikan, tanya jawab dan diskusi melalui daring. Untuk melihat keberhasilan kegiatan ini, peserta mengisi google form yang memuat 12 aitem pertanyaan sebagai sampel yang dianggap mewakili materi yang disampaikan nara sumber. Hasil evaluasi dapat dimaknai bahwa kegiatan pelatihan singkat tentang peningkatan kreativitas guru PAUD ‘Aisyiyah Riau dalam merancang pembelajaran yang adaptif di masa pandemic covid-19 cukup berhasil. Sebagian besar materi (lebih 75%) dapat dipahami dan dimengerti oleh 60% peserta dan kurang dari 25% materi yang tidak dipahami oleh 40% peserta.
Kata kunci: Kreativitas, Pembelajaran, Adaptif, Pandemic Covid-19
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Fitniwilis, F., & Nofriza, F. (2021). Meningkatkan Kreatifitas Guru PAUD ‘Aisyiyah Riau Dalam Menciptakan Pembelajaran yang Adaptif di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 282–290. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6874
Section
Articles