Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Listening Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Text-To- Speech Komputer (CALL) untuk Guru SMP Negeri Bekasi, Jawa Barat

  • Martriwati Martriwati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Cahya Komara Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Fidaniar Tiarsiwi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Widi Sryanto Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Text-To Speech, CALL, Audio Media, Listening Activities

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berjudul “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Listening Bahasa Inggris Berbasis Teknologi Text-To-Speech Komputer (CALL) untuk Guru SMP di Bekasi, Jawa Barat”. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan profesional guru pada konteks penyediaan dan pengimplementasian berbagai teknologi (komputer, software, atau media) yang dapat mendukung keberhasilan serta kesuksesan siswa belajar menyimak (listening) bahasa Inggris di kelas. Untuk tercapainya tujuan dan target yang sudah direncanakan, maka garis besar metode yang dilakukan yaitu; 1) pembekalan teori terkait pengajaran menyimak (listening) bahasa Imggris dan peran teknologi komputer atau software untuk memaksimalkan proses belajar menyimak siswa, 2) praktik pembuatan dan penggunaan teknologi komputer Text to Speech sebagai upaya menciptakan media ajar audio listening bahasa Inggris yang baik dan berkualitas. Pelatihan diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari 27 orang guru SMP Negeri Bekasi dan 7 orang guru SMP Swasta Bekasi. Pelatihan melibatkan 3 dosen sebagai instruktur/narasumber utama yang semuanya merupakan dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP UHAMKA. Pelatihan dilakukan dengan menyampaikan informasi yang berupa landasan teoretis terkait hakikat pengajaran Listening (Menyimak) Bahasa Inggris, serta hakikat CALL yang kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat bahan ajar audio dengan menggunakan software Text To Speech yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dipilih. Adapun hasil dari pelatihan ini adalah sebagai berikut: (1) delapan puluh delapan, dua persen (88,2%) peserta pelatihan mengalami peningkatan pengetahuan tentang konsep teoretis pengajaran Listening melalui media Text To Speech (hasil post-test); (2) 76 persen (76%) peserta pelatihan mengalami peningkatan pemahaman dan penggunaan CALL dalam pembelajaran menyimak (hasil angket); (3) sembilan puluh empat persen (94%) peserta pelatihan mengalami peningkatan kompetensi akademis dan pedagogis sebagai guru bahasa Inggris (hasil angket); dan (4) tujuh puluh lima persen (75%) peserta pelatihan mampu menciptakan bahan ajar audio yang sesuai dengan baik sesuai landasan teoretis yang telah dipelajari sebelumnya di dalam pelatihan (hasil pengamatan dalam praktek); Kata Kunci: Text-To Speech, CALL, Audio Media, Listening activities, Competences

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-08